SOLOPOS.COM - Ilustrasi wedangan Solo. (Istimewa)

Solopos.com, SOLO — Pasar malam merupakan salah satu tradisi rakyat yang ada sejak lama di seluruh wilayah Nusantara. Pasar malam kian meriah saat kuliner khas Solo seperti wedangan yang sudah legend ikut meramaikan acara itu.

Hiburan alternatif ini memiliki fungsi sosial yang sangat kuat karena mampu membangun kedekatan sosial masyarakat.

Promosi Lebaran Zaman Now, Saatnya Bagi-bagi THR Emas dari Pegadaian

Alila Solo menghadirkan konsep pasar malam untuk merayakan akhir pekan dengan lebih hangat. Acara ini berlangsung pada Jumat-Sabtu (21-22/7/2023) ini memiliki tagline “Fun & Festival”.

Berbagai hiburan dan kuliner khas disuguhkan mulai dari pukul 17.00 WIB hingga 21.00 WIB di Largo Pool lantai 6. Bertujuan melestarikan budaya lokal Alila Solo memadukan tradisi kesenian budaya dengan kuliner khas dari berbagai daerah.

Mengangkat budaya masyarakat Solo yang sangat gemar menikmati kuliner tradisional wedangan, Alila Solo mengajak beberapa wedangan yang cukup dikenal di Solo untuk hadir dalam acara itu.

Beberapa wedangan legend di Kota Solo yang ikut diundang adalah Wedangan Manteb, Wedangan Wiryo, Wedangan Gareng, dan Wedangan Cangkir Blirik. Mereka akan menyuguhkan menu khas yang dimiliki untuk dihadirkan pada acara tersebut.

Wedangan yang legendaris di Solo itu memiliki magnet yang sangat kuat bagi seluruh pecinta kuliner khas di Solo. Pengunjung akan bisa menikmati berbagai paduan menu khas dari masing-masing wedangan yang menjadi menu utama.

Selain itu, pengunjung juga bisa menikmati berbagai sajian khas dari beberapa daerah dari Jawa hingga Bali. Hidangan yang dikemas dengan konsep pokwe juga menyajikan bubur tumpeng, sundukan, aneka gorengan, aneka penyetan dan bakaran.

Tentu tidak ketinggalan minuman spesial dari berbagai wedangan siap menyempurnakan momen pasar malam seperti jahe kencur jeruk, wedang ronde, juga wedang asle.

Tari Kecak Bali
Tari Kecak BaliTari Kecak Bali

Tak hanya mengangkat kuliner lokal, Alila Solo pun menghadirkan hiburan rakyat di antaranya tarian khas Bali “Tari Kecak” dengan menghadirkan puluhan penari untuk membawakan tarian tersebut.

Sambil menikmati aneka hidangan dari wedangan legend di Solo, pengunjung akan dihibur salah satu band legendaris dari Solo yaitu Pecas Ndahe. Band ini merupakan band komedi Jawa di mana penampilannya akan menimbulkan gelak tawa dan keseruan. Ada juga penampilan live band, DJ & Saxophone, hingga badut.

Pecas Ndahe
Pecas Ndahe. (Istimewa)

Acara itu juga akan diramaikan dengan berbagai hiburan tradisional seperti lempar gelang, gangsing putar, dan beberapa tradisonal mainan lain yang kerap ditemukan di pasar malam pada umumnya.

Hanya dengan Rp158.000 per orang, pengunjung sudah bisa menikmati seluruh sajian yang disuguhkan di wedangan legend Solo hingga hiburan yang ditampilkan.

Selain itu promo yang ditawarkan dengan adalah buy 9 get 1 free, yang lebih menarik setiap tamu memiliki kesempatan mendapatkan doorprize free menginap di Alila Solo. Ada juga beragam hadiah hiburan yang bisa didapatkan di antaranya voucher pool pass, voucher Epice Restaurant dan voucher dari Agra Rooftop.

“Kami senang dapat menyelenggarakan Pasar Malam, acara yang mempromosikan budaya tradisional Indonesia. Tamu dapat menikmati berbagai makanan khas dan juga menyaksikan pertunjukan kesenian tradisional yang meriah,” ungkap Tesa Pujiastuti, Event Manager Alila Solo.

“Hal ini sejalan dengan konsep Alila Solo sebagai destinasi yang mengedepankan budaya lokal, selain itu seluruh tamu berkesempatan mendapatkan doorprize yang telah kami siapkan.”

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya