SOLOPOS.COM - Museum Gula Gondang Baru. (Istimewa/Local Guide Anita HM)

Solopos.com, KLATEN — Objek wisata The Gondang Park yang baru saja dibuka di kompleks Pabrik Gula (PG) Gondang Baru Klaten, Sabtu (30/12/2023), menawarkan pengalaman rekreasi dan edukasi yang sangat lengkap dengan harga tiket masuk yang terjangkau.

Berdasarkan informasi yang diperoleh Solopos.com saat acara pembukaan atau soft opening pada Sabtu, untuk masuk ke kawasan wisata yang dikelola The Lawu Group itu, pengunjung mesti membayar biaya tiket Rp10.000 per orang.

Promosi Pegadaian Buka Lowongan Pekerjaan Khusus IT, Cek Kualifikasinya

Harga tiket tersebut sudah termasuk greenpark, agrotherapy, playground, serta labirin. Sedangkan untuk wahana tertentu seperti Ghost Hunter atau rumah hantu, pengunjung dikenakan tiket Rp10.000 per orang.

Wahana flying fox juga harus membayar tiket lagi senilai Rp20.000 per orang serta Rp10.000 per orang untuk memasuki Museum Gula. Namun, pengunjung bisa juga membeli tiket terusan seharga Rp25.000 per orang untuk semua wahana, kecuali flying fox.

Sementara paket outbound yang ditawarkan di The Gondang Park mulai dari Rp65.000 per orang. Area outbound di The Gondang Park, Klaten, bisa memuat hingga 400 orang.

Dari pengamatan Solopos.com di akun Instagram @thegondangpark, objek wisata yang beralamat di jalan raya Jogja-Solo, Desa Plawikan, Kecamatan Jogonalan, Klaten, itu mengklaim sebagai wisata edukasi terbesar di Klaten.

The Gondang Park menempati lahan seluas sekitar 2 hektare (ha) mulai dari kawasan restoran hingga wahana wisata. Green park The Gondang Park menawarkan wahana agrotherapy, waterpark, waterslide, highrope atau jembatan gantung, flyingfox, hingga kids zone.

Kemudian water park merupakan wahana kolam renang yang terdiri dari kolam renang anak dan dewasa. Kedalaman kolam renang anak mulai 50-100 sentimeter (cm) sedangkan untuk kolam renang dewasa kedalamannya 100-180 cm.

Wahana agrotherapy di The Gondang Park Klaten merupakan wahana edukasi mengenal berbagai tanaman herbal. Pengunjung bisa melakukan terapi refleksi, terapi ikan, serta terapi stroke dengan pijat, bekam, serta obat herbal.

Cerita Misteri

Wahana lain yakni Ghost Hunter atau rumah hantu. Sebagai kawasan pabrik tua yang sudah ada sejak masa kolonial Belanda tepatnya sekitar awal abad ke-19, kawasan Pabrik Gula (PG) Gondang Winangoen yang kemudian berubah menjadi PG Gondang Baru, tak lepas dari cerita-cerita misteri alam gaib yang berkembang dan melingkupi.

Hal ini tentu menjadi daya tarik tersendiri bagi mereka yang menyukai cerita maupun pengalaman mistis. Beberapa cerita misteri yang berkembang di kawasan PG Gondang Baru, mengutip gudangmisteri.com, yakni penampakan sosok pria berseragam Belanda, noni-noni Belanda, sosok manusia dengan anggota tubuh tidak utuh, sosok tinggi besar hitam seperti genderuwo.

Kejadian gaib lain, yaitu sering terdengar suara-suara mesin dan pekerja di malam hari, mesin penggiling bergerak sendiri, dan masih banyak fenomena gaib yang terjadi di Pabrik Gula Gondang Baru klaten.

Sementara untuk edukasi, di The Gondang Park Klaten juga terdapat museum gula yang merupakan satu-satunya di Indonesia. Pengunjung bisa melihat berbagai koleksi yang berhubungan dengan proses pembuatan gula, mulai dari proses menanam tebu hingga menjadi gula.

Selain itu, ada koleksi hama dan gulma, berbagai jenis tebu, serta peralatan laboratorium gula. Dokumentasi aktivitas pabrik juga tergantung pada dinding museum. Di The Gondang Park juga menyediakan restoran dengan menu utama ayam panggang dan satai Gondang hingga berbagai kuliner khas Nusantara.

Direktur Utama PT Lawu Group, Parmin Sastro, mengatakan The Gondang Park Klaten merupakan pengembangan dari Agrowisata Gondang Winangoen yang ditutup semasa pandemi Covid-19.

“Ini rekonsep Agrowisata Gondang Winangoen yang kemudian kami ubah menjadi The Gondang Park sesuai nama daerah dan nama pabrik,” kata Parmin seusai soft opening, Sabtu.

Parmin mengatakan wisata itu menawarkan wahana rekreasi sekaligus edukasi. Seperti Museum Gula yang merupakan satu-satunya di Indonesia bakal mengenalkan kepada pengunjung ihwal sejarah pabrik gula terutama PG Gondang Baru. The Gondang Park bisa dikunjungi setiap hari mulai pukul 08.00 WIB hingga pukul 17.00 WIB.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya