SOLOPOS.COM - Suasana di Pantai Gading Purba Wonogiri. (Istimewa/Instagram @nissaekka)

Solopos.com, WONOGIRI — Kabupaten Wonogiri seolah tak ada habisnya dalam menyajikan tempat wisata menarik bagi wisatawan. Salah satunya, yakni Pantai Gading Purba yang dekat dengan objek wisata Waduk Gajah Mungkur (WGM) Wonogiri.

Dilansir dari laman titiktemu.co, Senin (26/12/2022), lokasi Pantai Gading Purba ini berada di sisi utara WGM Wonogiri (kurang lebih 1 km). Pantai Gading Purba berlokasi di Sendang, Kecamatan Wonogiri, Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah.

Promosi Beli Emas Bonus Mobil, Pegadaian Serahkan Reward Mobil Brio untuk Nasabah Loyal

Wisata ini buka setiap hari mulai pukul 08.00 WIB sampai 18.00 WIB. Objek wisata ini menjadi wisata alternati di sekitar WGM Wonogiri.

“Konsep awalnya merupakan tempat makan. Kemudian kami kembangkan menjadi lokasi wisata. Sebab letaknya yang berdekatan dengan genangan air Waduk Gajah Mungkur,” jelas Sugiyanto selaku pengelola wisata.

Untuk menuju ke lokasi di pinggir genangan air, Anda akan berjalan menuruni jalan setapak sekitar 100 meter dari warung makan. Setelah melewati lorong-lorong yang terbentuk secara alami dari onggokan bebatuan besar yang menyebar, Anda bisa melihat hamparan luas air genangan WGM.

Baca Juga: Sejarah Kahyangan Wonogiri, dari Panembahan Senopati Mataram hingga Sekarang

Anda juga bisa naik perahu untuk mengelilingi perairan WGM. Menikmati angin sepoi-sepoi dan memandang panorama alam yang indah sembari menyantap hidangan khas Wonogiri.

Menu yang disuguhkan sangat sederhana, seperti nasi bancakan khas warga desa. Uniknya menu makanan yang dipesan akan dikirim melalui seutas tali yang dibentangkan dari warung sampai lokasi pengunjung.

Sugiyanto menjelaskan ide pembuatan lokasi wisata ini berawal dari adanya pandemi Covid-19.

“Akibat pandemi, warung menjadi sepi. Karena itu kami membuat inovasi baru agar usaha kami bisa berjalan lagi,” ungkap Sugiyanto.

Baca Juga: WGM Wonogiri Direvitalisasi, Pengunjung Tetap Capai Ribuan Orang di Akhir Pekan

Di warung makan ini para pengunjung bisa berswafoto di atas batu besar dan di pinggir sungai. Pihak pengelola juga menyuguhkan lokasi spot foto yang bagus.

Walaupun baru berjalan selama dua tahun, namun konsep warung wisata ini telah dilirik banyak wisatawan baik lokal maupun luar daerah. Dengan biaya relatif murah, Anda bisa menikmati pemandangan yang indah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya