SOLOPOS.COM - Suasana gerbang masuk sisi barat di Benteng Vastenburg, Solo, Jumat (26/2/2016). Pemkot Solo berencana merevitalisasi jembatan dan gerbang sisi barat tersebut sesuai dengan desain asli yang tersimpan di Belanda. (Ivanovich Aldino/JIBI/Solopos)

Agenda Soloraya ini bisa Anda saksikan untuk mengisi libur Lebaran Anda.

Solopos.com, SOLO–Bagi pemudik dan warga Soloraya yang menghabiskan libur Lebaran di Kota Bengawan, sajian pertunjukan Opera Ramayana dengan lakon Sang Hanoman siap disuguhkan di pelataran Benteng Vastenburg, pada Jumat-Minggu (8-10/7/2016), mulai pukul 19.30 WIB.

Promosi Lebaran Zaman Now, Saatnya Bagi-bagi THR Emas dari Pegadaian

Ketua Pelaksana Opera Ramayana Bakdhan Neng Solo, Fawarti Gendra Nata Utami, menuturkan menginjak kedua acara tahunan Bakdhan Neng Solo, tahun ini sajian pertunjukan Ramayana dikemas dengan format opera Jawa.

“Tahun lalu pertunjukan Ramayana kami kemas dalam format sendratari yang lebih berat ke pakem tradisi. Untuk memberikan sentuhan kebaruan, tahun ini kami kemas pertunjukan dalam bentuk opera Jawa [langendriyan],” terangnya saat ditemui wartawan di Kantor Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Solo, Jumat (1/7).

Fafa, sapaan akrabnya, mengatakan selama tiga hari pihaknya menyuguhkan lakon Sang Hanoman. Namun setiap pertunjukan bakal dikemas berbeda sehingga tidak membuat penonton jenuh. “Lakon keseluruhan memang sama. Tapi kejutannya berbeda-beda. Dijamin penonton tidak bosan,” katanya.

Selain menghadirkan kejutan selama tiga hari pertunjukan, Fafa menyebutkan pertunjukannya bakal didukung bintang tamu penyanyi Endah Laras, Woro Mustiko Siwi “Di Atas Rata-rata”, serta Wali Kota Solo F.X. Hadi Rudyatmo.

“Pertunjukan ini didukung seniman terbaik di kelasnya. Komposisi musiknya dari Dedek Wahyudi, penata tarinya Anggono Kusumo, sutradaranya Agung Kusumo Widagdo, dll. Pak Wali juga akan mendukung sendiri pertunjukan ini. Kalau beliau ngersakne, beliau akan diberikan peran istimewa,” bebernya.

Dia menuturkan panitia telah menyediakan 3.500 tempat duduk gratis bagi penonton. Berkaca dari tingginya pemudik menyaksikan pertunjukan tersebut, menurut Fafa, mulai tahun ini pantia membuka reservasi tempat duduk untuk rombongan. Bagi yang berminat bisa mulai memesan tempat duduk ke nomor kontak 087736101146 atau 082121618565.

Kepala Disbudpar Solo, Eny Tyasni Suzana, menambahkan Pemkot Solo tergerak menyuguhkan sajian Opera Ramayana pada musim mudik untuk mengobati kerinduan pemudik pada kampung halaman. “Kami sengaja memilih setelah Lebaran, tujuannya untuk mengisi atraksi pariwisata di Solo. Biasanya pemudik menghabiskan liburan setelah bersilaturahmi,” jelasnya.

Menurut Eny, pertunjukan Sendratari Ramayana pada 2015 lalu direspons positif oleh pemudik. “Banyak yang dari Soloraya jauh-jauh datang ke sini khusus untuk menikmati sajian Ramayana. Ada juga yang dari Pontianak, Jakarta, dll. Mereka mengajak anak-anak mereka untuk dikenalkan dengan pertunjukan tradisional di sini,” kata dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya