SOLOPOS.COM - Pengamat politik UNS Solo, Agus Riewanto, jadi salah satu panelis debat perdana capres-cawapres pada Selasa (12/12/2023) malam. (Istimewa)

Solopos.com, SOLO–Salah satu panelis debat perdana Capres-Cawapres Pemilu 2024 pada Selasa (12/12/2023), yakni Agus Riewanto. Pria kelahiran Sragen ini merupakan pengajar di Fakultas Hukum Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo.

Dikutip laman resmi agusriewanto.com, Selasa (12/12/2023) selain mengajar dan meneliti pria yang masa kecilnya hingga menjelang remaja tinggal di Kalimantan Barat karena mengikuti tugas orang tuanya ini juga diamanahi sebagai Anggota Senat Akademik FH UNS (2018-Sekarang) dan Direktur Lembaga Konsultasi dan Bantuan Hukum (LKBH) FH UNS (2018-sekarang).

Promosi Lebaran Zaman Now, Saatnya Bagi-bagi THR Emas dari Pegadaian

Selain itu, menjadi Tim Ahli Pemeriksa Sengketa Peraturan Perundang-undangan Kemeterian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham RI) (2017-sekarang), Tenaga Ahli Hukum DPRD Kabupaten Sragen (2019-sekarang), Narasumber ahli bidang hukum dan perundangan-undangan di berbagai lembaga negara di pusat dan daerah, Konsultan hukum dan ahli Pemilu/Pilkada, serta Saksi Ahli Hukum di Mahkamah Konstitusi, Pengadilan Tata Usaha Negara dan Pengadilan Negeri.

Agus juga masuk di sejumlah organisasi profesi, antara lain Ketua Departemen Kerjasama dan Hubungan Antar Lembaga Pengurus Pusat Asosiasi Pengajar Hukum Tata Negara dan Hukum Admnistrasi Negara (PP APHTN-HAN) sejak 2020-Sekarang dan Anggota Asosiasi LKBH PTN/PTS se-Indonesia sejak 2017.

Agus, panggilan akrabnya merupakan putra kedua dari empat bersaudara dari pasangan H. Daryanta (Almarhun) dan Hj. Suwarti ini menyelesaikan S3 di UNS Solo pada 2011, Short Study For Legislative Practice: Vetting and Drafting, Departement Reseach and Training Institute, Minister of Justice-Kyushu University Japan (2019). Magister (S2) ditempuh di UIN Sunan Kalijaga Yogjakarta dan Sarjana Hukum (S1) di dua kampus sekaligus Fakultas Syariah dan Hukum, Jurusan Perbandingan Madzhab dan Hukum UIN Sunan Kalijaga Yogjakarta dan Fakultas Hukum Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

Sedangkan pendidikan TK-SMP di selesaikan di Kalimantan Barat, SMA di PPMI Assalaam Surakarta.

Selain di dunia akademik, Agus juga pernah menjadi pengawal demokrasi dan hukum di Indonesia, antara lain menjabat sebagai Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sragen (2008-2013), Anggota KPU Kabupaten Sragen (2003-2008), dan Pembela Umum YLBHI-LBH Yogjakarta (1997-2000).

Tak mengherankan Agus kerap diminta membantu jajaran Bawaslu dan KPU untuk menjadi Narasumber dan Saksi Ahli Hukum Kepemiluan, menjadi Ketua Tim Seleksi Anggota KPU Kab/Kota Jawa Tengah III (2018), serta menjadi Panelis Ahli dan Moderator pada Debat Publik Kampanye Pilkada di Kabupaten/Kota Se Jawa Tengah sejak 2015-sekarang.

Sebelumnya, ada 11 panelis dalam debat perdana capres-cawapres Pemilu 2024, yakni:

1.Mada Sukmajati dari UGM Yogyakarta
2.Rudi Rohi dari Universitas Nusa Cendana NTT
3.Lita Tyesta dari Undip Semarang
4.Khoirul Fahmi dari Universitas Andalas Padang
5.Agus Riewanto dari UNS Solo
6.Susi Dwi Harijanti dari Unpad Bandung
7.Bayu Dwi Anggono dari Universitas Jember
8.Ahmad Taufan Damanik (Ketua Komnas HAM 2017-2020)
9.Al Makin dari UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta
10.Gun Gun Haryanto dari UIN Syarief Hidayatullah Jakarta
11.Wawan Mas’udi dari UGM Yogyakarta

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya