SOLOPOS.COM - Kondisi air kolam renang Tirtomoyo, Manahan, Banjarsari, Solo, Selasa (4/2/2020). (Solopos/Nicolous Irawan)

Solopos.com, SOLO -- Air di Kolam Renang Tirtomoyo Manahan, Solo, beberapa waktu terakhir dikeluhkan pengunjung lantaran keruh dan berwarna kehijauan.

Kondisi tersebut berbeda dengan tahun lalu di mana air kolam relatif jernih dan bersih. “Iya, kami akui, sejak memasuki tahun ini kondisi air kurang bersih,” ujar Ratmoko, 52, Kasi Pengembangan Usaha Perumda Air Minum Solo, Selasa (4/2/2020).

Promosi Lebaran Zaman Now, Saatnya Bagi-bagi THR Emas dari Pegadaian

Menurut dia, kurang bersihnya air kolam karena pergantian rekanan penanggung jawab pengolahan air. Rekanan masih mencari formula yang tepat untuk kadar air di Manahan.

“Belum ketemu formula yang tepat atau bagaimana,” kata dia.

Toyota Innova Ringsek Tertimpa Pohon di City Walk Depan Kantor Asuransi Jasindo Solo

Ratmoko mengatakan buruknya kualitas air kolam membuat jumlah pengunjung menurun signifikan. Bila biasanya jumlah pengunjung mencapai 300 orang per hari, beberapa pekan terakhir hanya 200 orang per hari.

“Sebenarnya sudah ada tukar ilmu dari pengelola lama dengan pengelola baru. Tapi tetap saja kondisi air buruk. Efeknya ke kami. Jumlah pengunjung turun signifikan, dari biasanya 300 orang per hari, jadi 200 orang saja,” urai dia.

Ratmoko menjelaskan bagus atau tidaknya kondisi air menjadi faktor penting banyak atau tidaknya pengunjung yang datang. Klub-klub renang pasti akan memilih kolam yang kondisi airnya bagus demi kesehatan dan kelancaran program latihan.

Kisah Driver Ojol Karanganyar Jadi Korban Order Fiktif ke Hutan

“Yang komplain tentu dari klub-klub yang selama ini latihan di sini. Mereka kan punya program latihan. Saya paham banget. Progam mereka terganggu. Apalagi ada kasak-kusuk air yang sekarang juga membuat kulit gatal-gatal,” terang dia.

Ratmoko mengaku akan terus memantau pengelolaan air agar kondisi ini tidak terus berlanjut. Dengan begitu tingkat kunjungan para atlet dan penggemar renang akan kembali normal. “Kami akan terus perbaiki,” janji Ratmoko.

Disinggung kondisi air Kolam Renang Tirtomoyo Jebres, menurut dia tidak ada masalah. Tingkat kunjungan di kolam renang itu juga relatif stabil. Tapi secara keseluruhan jumlah pengunjung kolam itu hanya separuh dari pengunjung di Manahan.

Gagal Nyalip, Perempuan Pengendara Motor di Boyolali Jatuh dan Terlindas Bus

Salah seorang pengguna Kolam Renang Tirtomoyo Manahan, Ponco Bayu Pamungkas, 17, mengakui kebersihan air kolam merupakan aspek penting bagi perenang. Sebisa mungkin air kolam bersih dari berbagai sampah dan relatif jernih.

“Kalau renang dengan kondisi air yang bersih dan segar kan enak, nyaman. Saya dan teman-teman rutin ke sini. Saya usulkan agar lantai kolam sering disikat agar bersih,” tutur warga Bulurejo, Gondangrejo, Karanganyar, tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya