SOLOPOS.COM - Kondisi Kampung Tamtaman, Baluwarti, Pasar Kliwon, Solo, yang dulunya merupakan permukiman bagi para perwira prajurit Tamtama Keraton Kasunanan Solo, Sabtu (20/11/2021). (Istimewa)

Solopos.com, SOLO — Kampung Baluwarti yang terletak di Pasar Kliwon bakal dipercantik Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka, dengan menggunakan dana hibah dari Uni Emirat Arab (UEA).

Wilayah itu akan dipercantik sebagai daya tarik bagi wisatawan. Namun, program mempercantik kawasan Baluwarti itu dipastikan tidak termasuk pemugaran atau revitalisasi Keraton Solo sebagai daya tarik utama wilayah kelurahan tersebut.

Promosi Lebaran Zaman Now, Saatnya Bagi-bagi THR Emas dari Pegadaian

Gibran menyadari pentingnya wilayah Baluwarti bagi pengembangan wisata Solo. Sehingga dia memprioritaskan wilayah tersebut dalam program pembenahan pakai dana hibah UEA. “Yang jelas Baluwarti nanti akan dipercantik. [DED atau master plan] Serahkan kepada saya,” ucap dia, seperti diulas Solopos.com sebelumnya.

Mengutip informasi di situs resmi Pemkot Solo, Kampung Baluwarti merupakan benteng pertahanan Keraton Solo. Hal ini sesuai dengan arti Baluwarti yang diambil dari bahasa Portugis, yakni baluarte, artinya benteng. Wilayah Baluwarti berada di lingkaran kedua setelah tembok Kedhaton, terletak di antara dua buah tembok besar berukuran tebal dua meter dan tinggi enam meter.

Wilayah Baluwarti dihuni oleh para pangeran, bangsawan, kerabat, abdi dalem, juga orang-orang dengan profesi pedagang. Baluwarti mempunyai dua buah pintu, yaitu Kori Brajanala (Gapit) utara dan Kori Brajanala (Gapit) selatan.

Pada awal 1900 Susuhunan Paku Buwono X memperluas wilayah Baluwarti dan menambahnya dengan dua buah pintu butulan yang terletak di sebelah tenggara dan sebelah barat daya. Masing-masing diresmikan pada tahun 1906 M dan 1907 M. Dengan adanya dua pintu tambahan ini penduduk yang tinggal di Baluwarti dapat lebih leluasa berhubungan dengan masyarakat di luar kompleks Kedhaton.

Kini, Baluwarti dikembangkan menjadi salah satu destinasi wisata menarik di Kota Solo. Mengutip informasi di Wisatabaluwarti.com, terdapat beragam aktivitas seru di Kampung Wisata Baluwarti. Beberapa di antaranya, cooking class masakan jawa, bisa belajar tari gamelan, merangkai kembar mayang, membuat topeng, mewiru kain, karawitas & menembang, wayang beber, membatik, menari Jawa, menggunakan busana Jawa, mengetahui produksi keris, dan mengetahui produksi jamu.

Pihak pengelola Kampung Wisata Baluwarti juga menyediakan transportasi lokal yaitu berkeliling menggunakan Andong. Selain itu pengelola Kampung Wisata Baluwarti juga menyediakan makanan tradisional khas para abdi dalem seperti pecel Solo, tengkleng, nasi liwet, cabuk rambak, dan lain sebagainya

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya