SOLOPOS.COM - Sejumlah model menampilkan beberapa karya busana lurik dan batik saat konferensi pers Klaten Fashion Festival 2023 di Edotel Klaten, Kamis (3/8/2023). (Solopos/Taufiq Sidik Prakoso)

Solopos.com, KLATEN — Puluhan perancang busana atau desainer fashion Klaten bakal meramaikan Klaten Fashion Festival (KFF) 2023 yang digelar selama dua hari di Monumen Juang 45 Klaten, Sabtu-Minggu (5-6/8/2023). Kegiatan yang baru kali pertama digelar itu untuk lebih mengenalkan batik dan lurik Klaten.

Festival itu digelar Forum Designer Kabupaten Klaten (Fadeska) dan Dinas Kebudayaan Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata (Disbudporapar) Klaten. Selain fashion show, rangkaian kegiatan itu diisi dengan sejumlah lomba, workshop foto, talkshow, dan hiburan.

Promosi Pegadaian Resmikan Masjid Al Hikmah Pekanbaru Wujud Kepedulian Tempat Ibadah

Ketua Panitia Klaten Fashion Festival 2023, Melati Soedjarwo, mengatakan sejak dulu Klaten memiliki peran penting sebagai produsen batik dan lurik yang dipasarkan ke berbagai daerah. Batik dan lurik Klaten terbukti memiliki kualitas yang sangat tinggi.

Upaya pelestarian batik serta lurik Klaten terus dilakukan oleh berbagai pihak. Klaten Fashion Festival 2023 merupakan salah satu upaya pelestarian batik dan lurik Klaten agar kedua wastra tersebut kian dicintai kalangan milenial dan mendunia.

Event ini melibatkan lebih dari 50 fashion designer Klaten untuk memperkenalkan batik dan lurik Klaten agar makin mendunia,” kata Melati saat konferensi pers di Edotel SMKN 3 Klaten, Kamis (3/8/2023).

Ketua Fadeska, Astrid Ediati, menjelaskan event itu dimeriahkan sejumlah lomba. Ada lomba rancang busana, fashion show anak, serta line dance.

Sementara itu, Kabid Pariwisata Disbudporapar Klaten, Purwanto, mengatakan kegiatan itu sekaligus untuk mengangkat produk kreatif asal Klaten terutama fashion setelah tiga tahun masa pandemi. Dia berharap melalui kegiatan itu batik dan lurik Klaten naik kelas.

“Istimewanya dalam kegiatan ini kami kerja sama dengan Fadeska dan diharapkan bisa mengemas event ini menampilkan model-model terkini dari para desainer,” kata Purwanto.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya