SOLOPOS.COM - Bupati Boyolali, M. Said Hidayat (tengah) menyerahkan piagam kepada masing masing Duta Seni dan Misi Kebudayaan Pelajar ke Nusantara Kabupaten Boyolali 2022 di Ruang Merbabu Kantor Bupati. Kamis (12/01/2023). (Istimewa/ Diskominfo Kabupaten Boyolali).

Solopos.com, BOYOLALI —  Duta Seni dan Misi Kebudayaan Pelajar ke Nusantara Kabupaten Boyolali 2022 telah menyelesaikan semua misi kebudayaan.

Tercatat, sebanyak 18 pelajar pelajar terbaik SMP kelas VIII di Kabupaten Boyolali ini telah mengunjungi tiga pulau di Tanah Air.

Promosi Beli Emas Bonus Mobil, Pegadaian Serahkan Reward Mobil Brio untuk Nasabah Loyal

Ketiga pulau tersebut di antaranya Pulau Dewata Bali pada Kamis-Minggu (08-11/12/2022) tepatnya di Kabupaten Gianyar dan Badung, Provinsi Bali.

Perjalanan dilanjutkan ke Pulau Borneo Kalimantan tepatnya di Kota Balikpapan dan Ibu Kota Negara (IKN) Kabupaten Penajam Paser Utara, Provinsi Kalimantan Timur pada Senin-Kamis (19-22/12/2022).

Terakhir yakni di Pulau Sumatera tepatnya di Kota Padang, Provinsi Sumatera Barat yang berlangsung sejak Senin-Kamis (26-29/12/2022).

Dilansir dari kanal boyolali.go.id, Boyolali Boyolali, M. Said Hidayat sangat mengapresiasi capaian Duta Seni dan Misi Kebudayaan Pelajar ke Nusantara Kabupaten Boyolali 2022 yang telah sukses dalam menjalankan misi kebudayaan.

Hal tersebut disampaikan oleh orang nomor satu di Kota Susu ini saat menerima laporan kegiatan Duta Seni Boyolali angkatan pertama setingkat SMP ini di Ruang Merbabu Kantor Bupati Boyolali, pada Kamis (12/01/2023).

“Sudah dilatih sehingga dapat hadir begitu hebat anak anak ini,” kata Bupati Said dilansir dari kanal boyolali.go.id.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Boyolali, Darmanto menungkapkan bahwa pengiriman Duta Seni dan Misi Kebudayaan Pelajar ke Nusantara Kabupaten Boyolali 2022 tersebut sejalan dengan proyeksi Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) Republik Indonesia.

Salah satunya yakni proyeksi profil pelajar Pancasila.

“Kita aplikasikan dalam kegiatan ini. Setidaknya ada inkulturasi dari anak anak. Mereka berpijak pada budaya Boyolali untuk berkomunikasi dengan budaya yang lain yang ada di Nusantara. Ini luar biasa bagi anak anak,” ungkap Darmanto.

Usai dari berkeliling Nusantara dengan membawa misi kebudayaan, anak anak diharapkan kembali fokus belajar di sekolah.

“Mereka harus fokus belajar meraih prestasi demi masa depan anak anak itu sendiri. Dan tetap mereka adalah kader kader seni budaya yang harus menjadi pelopor bagi teman temannya untuk tetap memajukan dan melestarikan budaya tradisional yang ada di Kabupaten Boyolali,” ujarnya.

Di akhir acara, dilakukan pemberian piagam oleh Bupati Said kepada masing masing Duta Seni dan Misi Kebudayaan Pelajar ke Nusantara Kabupaten Boyolali 2022.

Duta Seni dan Misi Kebudayaan Pelajar ke Nusantara Kabupaten Boyolali akan terus dilanjutkan pada 2023 dengan seleksi yang ketat yang diperkirakan akan dilakukan akhir Februari atau awal Maret.

Pelajar yang diseleksi merupakan pelajar yang masih duduk di kelas VII, sehingga saat berangkat keliling Nusantara nantinya, mereka telah menjadi pelajar kelas VIII.

Mereka akan berkeliling ke tiga titik di Nusantara dengan membawa misi kebudayaan. Salah satunya, Pulau Dewata Bali masih menjadi primadona tujuan Duta Seni dan Misi Kebudayaan Pelajar ke Nusantara Kabupaten Boyolali karena Bali menjadi salah satu titik kebudayaan di Nusantara.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya