SOLOPOS.COM - Aiptu Suwardi berhasil memadamkan api yang menyala cukup besar di Warung Makan Mie Galak Nglorog, Sragen Kota, Sragen, Senin (21/8/2023). (Solopos.com/Tri Rahayu)

Solopos.com, SRAGEN — Aksi heroik dilakukan Aiptu Suwardi saat mencegah terjadinya kebakaran Warung Makan Mie Galak di Jl. Raya Sukowati, Ngloroh, Kecamatan Sragen, Kabupaten Sragen, Senin (21/8/2023) siang. Polisi dari Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Sragen itu berhasil memadamkan api yang berkobar di dapur sebelum petugas pemadam kebakaran datang.

Semula seorang tukang parkir di depan Bakso Titoti Nglorog bernama Siswanto, 40, diteriaki wanita penjaga warung Mie Galak di seberang jalan. Warga Ngarum, Ngrampal, Sragen itu melihat dari kejauhan api sudah membesar. Kebetulan ada rombongan polisi yang sedang berada di Warung Bakso Titoti.

Promosi Lebaran Zaman Now, Saatnya Bagi-bagi THR Emas dari Pegadaian

“Saya bingung dipangil mbak-mbak, ‘pak parkir-pak parkir!’ Saya lalu minta tolong polisi yang ada. Tidak ada suara ledakan, hanya tiba-tiba api sudah nyala cukup besar. Penjaga warung minta tolong,” jelas Siswanto saat ditemui wartawan, Senin siang.

Peristiwa itu terjadi sekitar pukul 12.30 WIB. Sejumlah petugas Bagian Humas Polres Sragen yang mendapat laporan tukang parkir langsung sigap menghubungi petugas pemadam kebakaran. Beberapa warga mulai mendekati sumber api untuk memadamkan api.

“Cari gombal [kain] basah saja!” celetuk seorang warga.

Petugas warung mencari kain tetapi tidak ada. Tiba-tiba Aiptu Suwardi datang dan melihat api sudah besar. Dia langsung mengambil beberapa serbet lalu ia basahi. Kemudian kain serbet itu dilempar ke sumber api. Untungnya, api yang menyala besar itu langsung bisa padam.

Tinggal api kecil yang membakar pembatas dapur. Suwardi langsung mengambil air dan menyiramkan ke api yang menyala. Kemudian regulator tabung gas dilepas untuk memastikan api padam. Akhirnya, polisi menghubungi pemadam kebakaran lagi untuk memberitahukan bahwa api sudah bisa dipadamkan.

“Ya, tadi di depan warung ini ada keramaian. Saya datang, ternyata api sudah cukup besar. Sumbernya dari tabung elpiji. Saya berusaha mematikan api di kompor yang menyala besar itu. Tadi sempat khawatir juga karena api besar. Kami sebagai petugas secara manusiawi, spontan melihat kejadian langsung berusaha memadamkan api dan syukurlah api bisa dipadamkan,” ujar petugas bagian STNK Satlantas Polres Sragen itu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya