SOLOPOS.COM - apolres Klaten, AKBP Langgeng Purnomo, didampingi Kasatreksrim, AKP Farial Ginting, saat rilis di Mapolres Klaten, Selasa (7/7/2015). Para tersangka yang ditangkap merupakan pelaku pencurian di sejumlah wilayah di Klaten. (JIBI/Solopos/Taufiq Sidik Prakoso)

Aksi pencurian dibongkar Polres Klaten dengan meringkus sejumlah pelaku.

Solopos.com, KLATEN – Aparat Polres Klaten menangkap para pelaku pencurian yang melakukan aksi pada Maret-Juni. Para pelaku melancarkan aksi mereka dengan menyasar rumah dalam kondisi sepi atau tak berpenghuni.

Promosi Lebaran Zaman Now, Saatnya Bagi-bagi THR Emas dari Pegadaian

Kapolres Klaten, AKBP Langgeng Purnomo, mengatakan penangkapan tersebut berdasarkan laporan warga yang kehilangan barang berharganya saat rumah dalam kondisi sepi. “Beberapa aksi dilakukan ketika rumah kosong, ditinggal penghuni ke masjid untuk Salat Tarawih,” jelas kapolres didampingi Kasatreskrim, AKP Farial Ginting, Selasa (7/7/2015).

Aksi yang dilakukan para pelaku beragam diantaranya membobol pintu serta jendela dengan berbagai pelaratan. Ada juga pelaku yang melakukan aksi dengan naik atap rumah korban.

Dari penangkapan itu, aparat menyita sejumlah barang yakni satu tablet merek samsung, HP Samsung Galaxy, satu unit sepeda motor, satu unit TV LED, dan dua buah kartu ATM. Aparat juga menyita dua surat gadai dari salah satu pelaku saat melakukan aksi di Girimulyo, Ketandan, Klaten Utara. Pelaku di lokasi itu menggondol emas yang digadikan hingga Rp20 juta.

Sementara, para pelaku yang ditangkap yakni Firman Efriyadi, 29, warga Desa Nangsri, Manisrenggo; Muhammad Marjani, 39, warga Klaten Tengah; Pungki, 40, warga Depok, Sleman, DIY; Doni, 43, warga Bekasi, Jawa Barat, serta satu tersangka bernisial EHY, 27.

Kapolres mengimbau warga lebih berhati-hati dalam menyimpan harta benda mereka. Mendekati mudik Lebaran, ia mewanti-wanti agar pemilik rumah bisa aktif berkomunikasi dengan warga di sekitar rumha mereka. “Jalin komunikasi intensif dengan lingkungan seperti ke RT, RW, bahkan hingga kepolisian,” jelasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya