SOLOPOS.COM - (Sunaryo Haryo Bayu/JIBI/SOLOPOS)

Wakil Walikota Solo, FX Hadi Rudyatmo (Sunaryo Haryo Bayu/JIBI/SOLOPOS)

SOLO–Pascapenggerebakan orang-orang yang diduga pelaku aksi teror di sejumlah pos penjagaan polisi di Kota Solo, Pemerintah Kota (Pemkot) Solo berencana menggelar Apel Solo Damai yang diikuti 2.000 peserta.  Kegiatan tersebut dimaksudkan untuk menggugah kesadaran masyarakat tentang pentingnya menjaga keamanan di lingkungan masing-masing. Kegiatan itu direncanakan akan berlangsung, Selasa (04/09/2012).

Promosi Pegadaian Resmikan Masjid Al Hikmah Pekanbaru Wujud Kepedulian Tempat Ibadah

Sekretaris Daerah (Sekda) Solo, Budi Suharto, menerangkan apel digelar guna mengajak masyarakat untuk lebih banyak memainkan peran mereka dalam menjaga keamanan lingkungan.

“Apel ini bukan dalam rangka show force, memamerkan [kekuatan], tetapi kami ingin menggugah bahwa keamanan adalah urusan semua. Saya bukan mengatakan aparat tidak mampu, tetapi banyak memainkan peran masyarakat,” jelasnya kepada wartawan, Sabtu (01/09/2012), di Balaikota.

Diterangkannya, selama ini berbagai kegiatan untuk pengawasan keamanan lingkungan mulai dilupakan. Dicontohkannya, kegiatan seperti pengamanan masyarakat swakarsa (pam swakarsa) serta kegiatan ronda saat ini sudah hilang.

“Ini bukan program baru, kewajiban kita masih banyak yang terlewatkan atau tidak dikelola dengan baik,” tambahnya.

Sementara, Wawali FX Hadi Rudyatmo mengatakan apel itu akan diikuti unsur masyarakat seperti LPMK, RT, RW dan Ormas. Tak ketinggalan unsur Polri dan TNI.

“Kegiatan ini untuk meningkatkan pentingnya siskamling sebagai wujud partisipasi masyarakat,” ujarnya kepada wartawan seusai menghadiri jumpa pers bersama Kapolri di Aula Mapolres, Sabtu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya