SOLOPOS.COM - Putra capres nomor 3 Ganjar Pranowo, Alam Ganjar, saat mengikuti riding vespa di Kota Solo, Minggu (4/2/2024). (Solopos.com/Wahyu Prakoso)

Solopos.com, SOLO– Putra Calon Presiden nomor urut 03 Ganjar Pranowo, Muhammad Zinedine Alam Ganjar, 22, riding Vespa bersama puluhan anak muda komunitas dari fasilitas parkir Stadion Sriwedari ke Ono Solo Coffee, Minggu (4/2/2024).

Alam, sapaannya, naik Vespa dengan pengendara lain menuju ke Ono Solo Coffee. Naik Vespa merupakan pengalaman berharga bagi Alam. Alam mengenakan helm dan jaket selama naik Vespa.

Promosi Selamat! Direktur Utama Pegadaian Raih Penghargaan Best 50 CEO 2024

Alam menjelaskan pernah tertarik menekuni hobi otomotif menginjak usia 17 tahun. Salah satunya ingin memodifikasi sepeda motor antik dan melakukan touring namun belum terwujud.

Maklum, Alam mendapatkan pengawasan ketat dari ibunya, Siti Atikoh Supriyanti. “Anak satu ya [karena anak tunggal]” jelas Alam kepada wartawan.

Adapun Alam menjadi narasumber salah satu bikers, Pandji Vasco Dagama dalam Diskusi Pejuang Muda di Ono Solo Coffee. Alam juga meluncurkan gim Ganjarun pada kesempatan itu. Elizabeth Sudira bertugas menjadi moderator.

Dalam diskusi itu, Alam menjelaskan pengalaman menjadi CEO Pigmy Esports. Perusahaannya itu menyediakan wadah bagi anak muda yang memiliki bakat di bidang e-sport. Anak muda itu menjadi bagian ekosistem e-sport dan bisa mengembangkan bakatnya dengan profesional.

Menurut Alam, anak muda memiliki potensi besar untuk berkontribusi bagi bangsa. Segelintir anak muda kerap memberikan dampak besar bagi bangsa. Lebih-lebih anak muda akan menjadi kelompok terbanyak dalam populasi.

Namun, anak muda kerap merasa sulit mencari pekerjaan yang sesuai. Sedangkan para pengusaha juga kesulitan mencari tenaga kerja. Dunia pendidikan harus menyesuaikan dengan kebijakan dari pemerintah pusat.

“Anak muda harus punya mindset, kebahagian bukan di tujuan akhir namun bisa dirasakan selama menjalani proses. Tidak usah kebanyakan mikir, langsung kerjakan apa yang disuka,” ungkap dia.

Alam menjelaskan anak muda harus menjalani setiap proses. Apabila anak muda melompati anak tangga takutnya bisa terjatuh. Orientasi proses dan pengalaman menjadi penting.

“Makanya menghargai proses karena sering kali kebahagiaan diraih saat perjalanan,” ungkap dia.

Alam mengimbau para anak muda untuk tidak bermain gim sampai larut malam menjelang hari pemungutan suara supaya bisa ke tempat pemungutan suara, Rabu (14/2/2024). Anak muda diminta memilih pemimpin yang rasional.

“Pilih yang rasional dengan cara memahami masa lalunya dan cari yang cocok sesuai visi misinya,” ungkap dia.

Sementara itu, Pandji menjelaskan Vespa menjadi salah satu media ekspresi pada anak muda. Komunitas yang touring bisa mendapatkan pengalaman berharga selama melakukan perjalanan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya