SOLOPOS.COM - Kepala Kakanwil Kemenag Jawa Tengah, Musta’in Ahmad, menyerahkan jenazah Calhaj, Daryono, kepada pihak keluarga pada, Minggu (19/5/2024) malam sekitar pukul 22.30 WIB di Asrama Haji Donohudan, Boyolali. (Solopos.com/Candra Septian Bantara)

Solopos.com, SOLO—Satu calon haji (Calhaj) asal Pemalang, Daryono Kasrup Limun, 70, dinyatakan meninggal dunia di Gedung Makkah Lantai 2 Asrama Haji Donohudan, Boyolali, Minggu (19/5/2024).

Kepala Subbagian (Kasubag) Humas Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Solo, Gentur Rachma Indriadi, mengatakan Daryono meninggal dunia pada pukul 17.19 WIB karena gagal jantung.

Promosi Selamat! Direktur Utama Pegadaian Raih Penghargaan Best 50 CEO 2024

Daryono sendiri merupakan jemaah calon haji yang tergabung dalam kelompok terbang (Kloter) 32 asal Pemalang. Kloter tersebut tiba di Asrama Haji Donohudan Boyolali pada Minggu (19/5/2024) pukul 16.00 WIB dan bertolak ke Tanah Suci keesokan harinya pada Senin (20/5/2024).

Gentur mengatakan pria asal Panjuna, Petarukan, Pemalang, Jawa Tengah tersebut seusai acara penyambutan menuju ke kamarnya di Gedung Makkah lantai 2 didampingi oleh istrinya.

Setelah istrinya kembali ke kamar jemaah wanita, ada seorang jemaah calhaj masuk ke kamar Daryono untuk menyapanya tapi tidak ada respons.

“Kemudian Calhaj tersebut menghubungi Karu dan petugas. Setelah petugas kesehatan melakukan pengecekan, Daryono dinyatakan meninggal karena gagal jantung,” katanya saat ditemui Solopos.com, Senin (20/5/2024) pagi.

Jenazah Daryono, kata dia, sudah diserahkan oleh Kepala Kakanwil Kemenag Jawa Tengah, Musta’in Ahmad, kepada pihak keluarga pada, Minggu (19/5/2024) malam sekitar pukul 22.30 WIB. Jenazah diantar ke kampung halamannya menggunakan ambulans.

Sementara itu, istri almarhum, Runiti Tasmu Kaliyan, 63, tetap diberangkatkan haji setelah melalui berbagai pertimbangan baik dari keluarga maupun PPIH.  Rencananya Runiti diberangkatkan Selasa (21/5/2024) pagi.

“Sang istri, Runiti, kami putuskan untuk tetap diberangkatkan karena sudah berkoordinasi dan meminta pertimbangan dari dengan keluarga,” ujar dia.

Nantinya, almarhum oleh Pemerintah melalui petugas haji Arab Saudi dibakdalhajikan sekaligus menerima asuransi sebesar Biaya Perjalanan Ibadah Haji (Bipih).

Sementara itu, Gentur mengatakan per Senin (20/5/2024) Calhaj yang sudah masuk Asrama Haji Donohudan sebanyak 32 kloter, dengan total 11.530 jemaah.

“Adapun jemaah haji yang sudah diterbangkan menuju tanah suci sebanyak 29 kloter, dengan jumlah 10.440 jemaah,” kata dia.

Sedagkan jamaah calon haji yang sakit di Embarkasi, menurut Gentur, ada empat jemaah, dengan perincian yang dirawat di RS Pandan Arang Boyolali dua jemaah, di RS Moewardi satu jemaah, dan di RS TNI AU satu jemaah.

Sedangkan jemaah yang meninggal ada dua orang. Satu Calhaj asal Banjarnegara, Basirun Mangsuri, meninggal di Madinah, Kamis (16/5/2024) dan satu Calhaj, Daryono, di Embarkasi Solo.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya