SOLOPOS.COM - Alas Donoloyo Wonogiri. (Istimewa/Instagram @rizania.asti)

Solopos.com, WONOGIRI — Alas alias Hutan Donoloyo dulunya merupakan salah satu daerah penyuplai kebutuhan kayu jati untuk Kerajaan Majapahit. Keberadaan Hutan Donoloyo dinilai menjadi peninggalan berharga di era sekarang,

Dilansir dari laman travelingyuk.com, Senin (7/11/2022), Alas Donoloyo ini berlokasi di Dusun Watusomo, Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah. Kayu jati dari Alas Donoloyo menjadi fondasi Masjid Agung Demak. Tak hanya itu, Alas Donoloyo dulunya juga menjadi penyuplai kayu jati untuk Keraton Surakarta.

Promosi Beli Emas Bonus Mobil, Pegadaian Serahkan Reward Mobil Brio untuk Nasabah Loyal

Menurut para tetua masyarakat setempat, nama Alas Donoloyo di ambil dari nama sesepuh yang pertama kali menanam pohon kayu jati, yakni Ki Ageng Donoloyo yang merupakan anggota laskar Kerajaan Majapahit.

Lantaran sifatnya yang setia kepada Raja serta ingin mengabdikan hidupnya pada Kerajaan Majapahit, Ki Ageng Donoloyo yang dulu tertinggal saat mengikuti pasukan perjalanan Raja akhirnya memutuskan menetap di situ dan menanam pohon kayu jati agar nantinya bisa di manfaatkan oleh Kerajaan Majapahit.

Pemandangan Alas Donoloyo menawarkan pesona puluhan kayu jati besar dan rindang yang akan membuat para pengunjung terpukau. Waktu yang tepat untuk datang ke cagar alam Alas Donoloyo adalah saat sore hari.

Baca Juga: Berusia 4 Abad, Omah Tiban Wonogiri Jadi Jujukan Peziarah Minta Harta Melimpah

Saat itu, suasana hutan relatif tenang sembari menikmati suara burung dan hewan lainnya. Yang menarik lagi, jika anda berkunjung saat musim hujan akan melihat pemandangan berwarna hijau.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya