SOLOPOS.COM - Punden atau tempat yang biasa digunakan untuk ritual di samping pendapa di Alas Krendowahono. (kemdikbud.go.id/bpsmpsangiran)

Solopos.com, KARANGANYAR — Alas Krendowahono, hutan yang terletak di Desa Krendowahono, Kecamatan Gondangrejo, Karanganyar, Jawa Tengah, dikenal sebagai tempat yang angker dan penuh misteri. Hutan ini diyakini sebagai tempat bersemayamnya Bathari Kalayuwati, Dewi Durga dalam kepercayaan Hindu.

Karena kesakralan dan keangkerannya, Alas Krendowahono telah menjadi tempat yang disucikan oleh Keraton Solo. Hutan ini sering digunakan untuk menggelar ritual-ritual sakral, salah satunya upacara Sesaji Mahesa Lawung.

Promosi Pegadaian Resmikan Masjid Al Hikmah Pekanbaru Wujud Kepedulian Tempat Ibadah

Upacara Sesaji Mahesa Lawung merupakan ritual yang dilakukan untuk memohon keselamatan dan perlindungan dari Bathari Kalayuwati. Dalam ritual ini, seekor kerbau muda yang masih perjaka akan disembelih dan dipersembahkan kepada Bathari Kalayuwati.

Tradisi Mahesa Lawung Krendowahono karanganyar
Wilujengan Mahesa Lawung Karaton Kasunanan Surakarta Hadiningrat di Hutan Krendowahono. (warisanbudaya.kemdikbud.go.id)

Selain Keraton Solo, Alas Krendowahono juga pernah menjadi tempat persembunyian Pangeran Diponegoro dan Paku Buwono V selama Perang Jawa. Konon, setiap tentara Belanda yang memasuki hutan ini selalu tak pernah kembali.

Berikut adalah beberapa misteri yang menyelimuti Alas Krendowahono:

Keangkeran hutan

Alas Krendowahono dikenal sebagai hutan yang angker. Banyak orang yang mengaku pernah melihat penampakan makhluk halus di hutan ini.

Kesakralannya

Alas Krendowahono diyakini sebagai tempat yang sakral. Hutan ini sering digunakan untuk menggelar ritual-ritual sakral, salah satunya upacara Sesaji Mahesa Lawung.

Perannya dalam Sejarah

Alas Krendowahono pernah menjadi tempat persembunyian Pangeran Diponegoro dan Paku Buwono V selama Perang Jawa.

Misteri yang Belum Terpecahkan

Hingga saat ini, masih banyak misteri yang belum terpecahkan di Alas Krendowahono. Salah satunya adalah misteri tentang keberadaan makam Raden Ayu Sumirah, sahabat Pangeran Diponegoro.

Menurut cerita, Raden Ayu Sumirah dimakamkan di Alas Krendowahono, tetapi makamnya tidak pernah ditemukan. Banyak orang yang meyakini bahwa makam Raden Ayu Sumirah masih tersembunyi di hutan ini.

Potensi Wisata Spiritual

Alas Krendowahono memiliki potensi wisata spiritual yang besar. Hutan ini memiliki daya tarik yang unik, yaitu perpaduan antara sejarah, budaya, dan mistis.

Namun, untuk mengembangkan potensi wisata spiritual Alas Krendowahono, diperlukan pengelolaan yang baik dan bertanggung jawab. Hal ini penting untuk menjaga kelestarian hutan dan keselamatan pengunjung.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya