SOLOPOS.COM - Tanah Longsor terjadi di jalan Desa Ngargoyoso, Kecamatan Ngargoyoso, Kabupaten Karanganyar, saat terjadi hujan lebat Kamis (10/3/2022) sejak sore. (Istimewa)

Solopos.com, KARANGANYAR — Sebanyak 68 kepala korban bencana alam di Kabupaten Karanganyar mendapat bantuan sosial dari Pemkab setempat. Bantuan berupa uang tunai tersebut diserahkan secara simbolis kepada perwakilan keluarga korban di Pendapa Rumah Dinas Bupati Karanganyar, Rabu (13/4/2022).

Para penerima ini merupakan warga yang rumahnya rusak akibat bencana alam seperti kebakaran, angin ribut, rumah roboh, atau tanah longsor.

Promosi Lebaran Zaman Now, Saatnya Bagi-bagi THR Emas dari Pegadaian

Kepala Pelaksana (Kalak) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Karanganyar, Bagoes Darmadi, mengatakan para korban ini warga di 31 desa dan kelurahan di 12 kecamatan. Selain itu, mereka adalah keluarga korban bencana alam yang terjadi selama periode 11 Desember 2021 hingga Februari 2022.

Baca Juga: Banyak Jalur Mudik Rawan Longsor, Dishub Karanganyar Mulai Antisipasi

“Para penerima ini adalah ahli waris atau keluarga korban bencana alam yang terjadi dalam periode periode 11 Desember 2021 hingga Februari 2022,” ujarnya dalam kesempatan itu.

Nilai total bantuan yang diserahkan adalah Rp124.500.000 yang berasal dari APBD Karanganyar 2022. Nilai ini disesuaikan dengan kategori kerusakan bangunan yang dialami. Untuk kategori rusak ringan senilai Rp1.000.000-Rp1.500.000, kategori rusak sedang Rp3.000.000, dan rusak berat Rp5.000.000.

“Bantuan ini diberikan untuk mengurangi beban masyarakat yang terdampak bencana alam dan memberikan semangat untuk kembali mandiri. Selain itu, ini wujud kehadiran pemerintah di tengah warga yang terkena bencana alam,” imbuhnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya