SOLOPOS.COM - Kapolres Sukoharjo, AKBP Wahyu Nugroho Setyawan saat ditemui di Pos Pengamanan Lilin Candi 2022 di Bundaran Pandawa, Solobaru, Grogol, Sukoharjo, Jumat (30/12/2022). (Solopos.com/Magdalena Naviriana Putri).

Solopos.com, SUKOHARJO — Kapolres Sukoharjo AKBP Wahyu Nugroho Setyawan mengatakan pada malam tahun baru nanti akan ada 600 personel lebih pasukan gabungan yang ikut dalam Operasi Lilin Candi 2022.

Tak hanya itu, Kapolres menegaskan jika ada pelanggaran lalu lintas seperti knalpot brong, konvoi tanpa menggunakan helm, tidak tertib lalu lintas, penyalaan petasan dan pesta miras akan ada tindakan tersendiri.

Promosi Lebaran Zaman Now, Saatnya Bagi-bagi THR Emas dari Pegadaian

Apalagi jika dalam skala yang besar akan dilakukan penegakan hukum.

Kapolres mengatakan sampai Jumat (30/12/2022) ini beberapa pihak sudah mengajukan izin kegiatan yang akan dilakukan pada malam pergantian tahun baru 2022.

Sebagian besar kegiatan akan terkumpul di kawasan Solobaru. Misalnya, konser musik dari The Park Mal hingga dinner di beberapa hotel.

Kapolres memastikan seluruh petugas pengaman baik dari TNI-Polri, Linmas, Dishub, dan kesehatan serta semua yang terkait dalam operasi lilin telah siap.

“Pada Sabtu pagi akan dilaksanakan apel terlebih dahulu dengan harapan pada malam pergantian tahun sampai selesai setelah pukul 24.00 WIB semua dapat berjalan lancar,” kata Kapolres saat dijumpai di Bundaran Patung Pandawa, Jumat.

Disinggung mengenai perizinan penyalaan kembang api dia mengatakan hanya The Park Mall yang telah mengajukan. Sementara di beberapa tempat hiburan lain belum ada yang mengajukan izin.

“Sepengetahuan kami dari The Park Mal sudah mengajukan izin penyalaan kembang api dari Polda Jawa Tengah. Tetapi saya belum melihat suratnya, namun berdasarkan informasi yang saya terima sudah ada izin dari Polda,” kata Kapolres.

Terkait pengalihan arus dia mengatakan akan mempelajari terlebih dahulu seberapa banyak prediksi masa yang akan datang. Sekaligus melihat seberapa besar skala kegiatan yang akan dilakukan.

Jika pengunjung terpantau cukup padat maka menurutnya akan ada pengalihan arus yang dikoordinasikan dengan Dishub Sukoharjo. Namun jika arus lalu lintas cukup aman maka tidak akan ada pengalihan arus lalu lintas.

The Park Mall Solobaru

The Park Mall Solobaru, Sukoharjo, bakal menggelar pesta akhir tahun atau Event New Years dengan tema Metaverse di area Central Park pada Sabtu (31/12/2022) mulai dari pukul 18.00 WIB sampai dengan pukul 01.00 WIB pada Minggu (1/12/2022).

Metaverse juga digunakan sebagai tema utama perayaan ulang tahun mereka pada 2022 ini.

Dalam kegiatan itu The Park Mall akan menampilkan dance perform, DJ perform by DJ Reyna Vee, Metaverse Carnival Fashion Show, Recap The Park Mall 2022, dan ditutup dengan pesta kembang api.

Culinary Festival yang berada di Parkir Selatan pada Sabtu (31/12/2022) akan dibuka mulai pukul 10.00 WIB – pukul 00.00 WIB. Sementara pada Minggu (1/12/2022) dibuka mulai pukul 10.00 WIB – pukul 22.00 WIB.

“Kami berharap para pengunjung baik dari area Soloraya dan sekitarnya dapat merayakan sukacita pergantian Tahun Baru 2023 di The Park Mall,” harap Danny Johanes.

Public Relations The Park Mall, Lidia Devia menambahkan perubahan jam operasional mal untuk periode Tahun Baru pada Sabtu (31/12/2022) yakni dibuka mulai  pukul 10.00 WIB – pukul 22.00 WIB.

Namun khusus untuk area Central Park akan dibuka sampai pukul 00.00 WIB. Sementara pada Minggu (1/12/2022) jam operasional kembali normal yakni pukul 10.00 WIB – pukul 22.00 WIB.

Dia juga mengimbau kepada para pengunjung untuk selalu menjaga kebersihan dengan membuang sampah pada tempat yang telah disediakan serta tetap menjaga protokol kesehatan dan selalu menjaga barang bawaan.

Kantongi Izin

Dalam perayaan tersebut, The Park Mall Solobaru akhirnya mengantongi izin penyalaan kembang api saat penutupan pergantian tahun 2022 menuju 2023. Perizinan tersebut langsung mereka peroleh dari Polda Jawa Tengah.

Bussines and Marketing Director The Park Mall, Danny Johannes mengatakan pada Jumat (30/12/2022) pihaknya akhirnya mengantongi izin penyalaan kembang api.

Mengingat beberapa waktu lalu Bupati Sukoharjo, Etik Suryani sempat melarang penyalaan kembang api.

Namun di sisi lain Polda Jawa Tengah memperbolehkan penyalaan kembang api meskipun secara bersamaan tidak memperbolehkan penyalaan petasan dalam pesta tahun baru 2022. Penyalaan kembang api besar juga harus menggunakan izin.

“Terkait dengan pesta kembang api pagi tadi kami sudah mendapat izin dari pihak kepolisian, baik Polsek Grogol sampai Polda Jawa Tengah. Sehingga para pengunjung tidak perlu khawatir untuk merayakan pesta kembang api dan pergantian Tahun Baru 2023 di The Park Mall,” ungkap Danny, Jumat.



Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya