SOLOPOS.COM - Kapolres dan jajaran Forkopimda Wonogiri saat berangkat berkeliling ke gereja-gereja untuk memastikan perayaan Natal berjalan aman di Wonogiri, Senin (25/12/2023). (Istimewa/Humas Polres Wonogiri)

Solopos.com, WONOGIRI — Kapolres Wonogiri AKBP Andi Muhammad Indra Waspada Amirullah bersama jajarannya serta Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Wonogiri berkeliling sejumlah gereja pada perayaan Natal, Senin (25/12/2023).

Kunjungan itu untuk memastikan perayaan Natal di gereja berjalan aman dan baik tanpa halangan apa pun. Dalam kunjungan itu, para pimpinan daerah serta jajaran masing-masing mengendarai sepeda motor trail.

Promosi Beli Emas Bonus Mobil, Pegadaian Serahkan Reward Mobil Brio untuk Nasabah Loyal

Mereka mengendarai sepeda motor secara rombongan mulai dari halaman Pendapa Rumah Dinas Bupati, Gereja Kristen Jawa, Gereja Yohanes Rasul, termasuk ke Pasar Wonogiri.

Kapolres Wonogiri AKBP Andi Muhammad Indra Waspada Amirullah, melalui Humas Polres Wonogiri, AKP Anom Prabowo, mengatakan kunjungan Forkompimda di gereja-gereja itu untuk memastikan perayaan Natal dan ibadah misa umat Kristen dan Katolik berjalan lancar.

Dia melaporkan kondisi keamanan dan ketertiban masyarakat pada momen Natal sangat kondusif. Gereja-gereja yang menjadi pusat peribadatan misa Natal pun aman.

Sebelum kegiatan ibadah berlangsung, polisi sudah melakukan sterilisasi gereja terlebih dahulu. Selain itu, pengamanan baik terbuka maupun tertutup juga dilakukan guna menjamin keamanan selama peribadatan.

“Kami pastikan keamanan di setiap gereja baik, ini agar semua jemaat bisa melaksanakan ibadah dengan tenang,” kata Anom kepada wartawan, Senin.

Dia melanjutkan perayaan Natal di Kabupaten Wonogiri secara keseluruhan berjalan dengan aman dan lancar. Tidak ada kejadian atau peristiwa yang dapat berimplikasi mengganggu perayaan Natal. Hal itu merupakan hasil dari kerja kolaborasi bersama antar-stakeholders.

Anom juga menyebut selama momen Natal dan Tahun baru, aparat Polres Wonogiri mendirikan dua pos pengamanan. Satu pos berada di dekat Gereja Yohanes Rasul Wonogiri dan satu pos lain berlokasi di dekat pintu masuk objek wisata Waduk Gajah Mungkur (WGM) Wonogiri.

Pos pengamanan itu didirikan di lokasi yang dianggap ramai dan strategis. Selain itu juga untuk memastikan lokasi ramai itu tetap aman bagi seluruh warga.

Sementara itu, Dandim/0728 Wonogiri, Letkol Inf Edy Ristriyono, yang turut dalam kunjungan itu mengatakan mendukung kegiatan Polres Wonogiri dalam menciptakan situasi kamtibmas kondusif dalam perayaan Natal 2023 dan Tahun Baru 2024.

Dia berharap umat Nasrani bisa merayakan dan ibadah Natal dengan baik tanpa gangguan. “Kami berharap masyarakat tetap menjaga kerukunan dan persatuan, serta bersama-sama menjaga keamanan yang kondusif. Tidak hanya saat Nataru, tetapi dilaksanakan seterusnya,” ujar Edy.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya