SOLOPOS.COM - Plt Kepala Satpol PP Kota Solo sekaligus Sekretaris Satpol PP Kota Solo. (Istimewa/Dokumentasi Satpol PP Solo)

Solopos.com, SOLO– Satpol PP Kota Solo dan anggota Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas) siap menjalankan tugas dalam Pilkada 2024. Satlinmas akan mendapatkan peningkatan kapasitas dan kompetensi.

Hal itu disampaikan Plt Kepala Satpol PP Kota Solo sekaligus Sekretaris Satpol PP Kota Solo Didik Anggono ditemui Solopos.com apel gelar pasukan peringatan hari ulang tahun (HUT) ke-74 Satpol PP, HUT ke- 105 Damkar, dan HUT ke-62 Satlinmas di Stadion Sriwedari, Solo, Rabu (7/3/2024).

Promosi Pegadaian Resmikan Masjid Al Hikmah Pekanbaru Wujud Kepedulian Tempat Ibadah

“Contohnya personel harus tahu pengamanan, tahu pengamanan tempat pemungutan suara [TPS], distribusi sarana untuk pemilihan, personel harus paham berkoordinasi dengan instansi lainnya,” jelas Didik.

Menurut dia, anggota Satlinmas memiliki peran penting dalam tahapan Pilkada 2024, antara lain bertugas di setiap TPS hingga terlibat dalam pengamanan bersama Panitia Pemilihan Kecamatan. Satlinmas membantu TNI/Polri dalam menjaga keamanan lingkungan kelurahan.

Didik menjelaskan ada sekitar 636 anggota linmas yang bertugas di setiap kelurahan di Kota Solo. KPU Kota Solo merekrut tenaga linmas untuk bertugas di setiap TPS pada Pemilu 20204 yang jumlahnya mencapai 1.773 lokasi.

Dia mengatakan mungkin KPU akan melakukan perekrutan lagi pada tahapan Pilkada 2024. Jumlah anggota Satlinmas akan menyesuaikan dengan jumlah TPS pada Pilkada Solo 2024.

Menurut Didik, linmas kelurahan dan linmas kecamatan di Kota Solo mendapatkan BPJS Ketenagakerjaan dan BPJS Kesehatan. Linmas mendapatkan upah harian dari Pemkot Solo.

Sebelumnya Sebanyak 13 Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas) meninggal dunia saat bertugas pengamanan pada tahapan Pemilu 2024 di Jawa Tengah. Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) memberikan bantuan.

Sekda Jateng, Sumarno, menjelaskan 13 Satlinmas itu tersebar di wilayah Jateng. Dia tidak hafal di kota/kabupaten mana saja Satlinmas yang meninggal dunia pada tahapan Pemilu 2024.

“Terkait faktor penyakit, kami penyelenggara Pemilu sudah melakukan asesmen sejak awal. Namun semua upaya kami qadarullah, dari kesehatan tidak terdeteksi. Kecapean bisa juga mematikan,” jelas dia ditemui wartawan setelah apel gelar pasukan peringatan hari ulang tahun (HUT) ke-74 Satpol PP, HUT ke- 105 Damkar, dan HUT ke-62 Satlinmas di Stadion Sriwedari, Solo, Kamis (7/3/2024).

Menurut dia, Pemerintah Provinsi Jateng melalui Baznas Jateng memberikan santunan kepada keluarga para Satlinmas yang meninggal dunia. Baznas Jateng diklaim memiliki kinerja pengelolaan terbaik secara nasional.

“Pada momentum ini kami bisa berkontribusi, mayoritas dari aparatur sipil negara (ASN) Pemprov Jateng memberikan santunan,” ungkap dia.

Menurut dia, Satlinmas tidak mendapatkan perlindungan BPJS Ketenagakerjaan. Tenaga yang mendapatkan BPJS Ketenagakerjaan adalah petugas yang tergabung dalam kelompok penyelenggara pemungutan suara (KPPS). Pemprov Jateng akan memikirkan perlindungan bagi Satlinmas di Jateng.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya