SOLOPOS.COM - Pengunjung Taman Balekambang berfoto dengan anjing pelacak (k-9) serta anggota Polresta Solo, Kamis (5/5/2022). (Istimewa/Polresta Solo)

Solopos.com, SOLO – Jajaran Polresta Solo mengamankan lokasi atau tempat wisata di Kota Solo yang mengalami peningkatan jumlah pengunjung selama libur Lebaran. Polresta Solo turut menerjunkan unit satwa berupa anjing (canine) pelacak yang dikenal dengan nama K-9 untuk menjamin kenyamanan masyarakat selama berwisata.

Saat jajaran Polresta Solo mengamankan Taman Wisata Balekambang, Kamis (5/5/2022), keberadaan si anjing pelacak justru menarik perhatian para penunjung. Mereka meminta izin berfoto bersama anjing pelacak itu. Petugas Sat Samapta Polresta Solo pun melayani masyarakat.

Promosi Pegadaian Resmikan Masjid Al Hikmah Pekanbaru Wujud Kepedulian Tempat Ibadah

Kapolresta Solo, Kombes Pol Ade Safri Simanjuntak, melalui Kasat Samapta Kompol Dani Permana Putra mengatakan pada hari keempat setelah perayaan Idulfitri 1443 H, mobilitas atau pergerakan masyarakat masih meningkat daripada hari biasanya. Menurutnya hal itu dikarenakan masyarakat sedang masa cuti bersama. Dia mengungkapkan bahwa pengamanan objek wisata setelah Lebaran merupakan kegiatan yang rutin dilaksanakan setiap tahunnya mulai sehari setelah Idulfitri.

“Seperti yang telah diperintahkan oleh Kapolresta Solo, bahwa setiap objek wisata yang ada di setiap wilayah harus sudah mulai dilakukan pengamanan, kehadiran anggota berseragam harus ada di setiap objek wisata guna memberikan rasa aman kepada pengunjung,” kata Kasat Samapta kepada wartawan, Kamis.

Baca Juga: Siap-Siap, Akhir Pekan Ini Diprediksi Puncak Arus Balik Terjadi di Solo

Sementara itu, aparat kepolisian yang melakukan pengamanan juga bertugas memberikan imbauan kepada para pengunjung untuk selalu berhati-hati, meningkatkan kewaspadaan terhadap barang berharga, dan keselamatan masing-masing anggota keluarga.

“Selain itu kami juga melakukan imbauan untuk selalu menerapkan protokol kesehatan kepada para pengunjung yang datang ke objek wisata,” kata dia.

Baca Juga: Pasar Mebel Gilingan Kobong, Ini Respons Gibran Wali Kota Solo

Situasi Taman Satwa Taru Jurug dan Taman Balekambang sangat aman dan terkendali meski terjadi peningkatan jumlah pengunjung.

“Semakin sore pengunjung wisata semakin ramai, kami akan tetap melaksanakan pengamanan di depan pintu masuk dan patroli cipta kondisi di salam lokasi tempat wisata untuk memastikan situasi keamanan kondusif,” imbuh dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya