SOLOPOS.COM - Alam Ganjar saat mengisi acara diskusi asik bersama Alam Ganjar di Ono Coffee, Minggu (4/2/2024). (Solopos.com/Wahyu Prakoso)

Solopos.com, SOLO–Muhammad Zinedine Alam Ganjar, 22, menyampaikan aspirasi anak muda kepada bapaknya yang merupakan Calon Presiden nomor urut 03 Ganjar Pranowo. Banyak anak muda terkendala akses pendidikan.

Alam, sapaan akrabnya menjelaskan sejumlah anak muda mengaku terkendala akses pendidikan ke perguruan tinggi. Mereka yang terkendala karena secara finansial tidak mampu membayar biaya pendidikan di perguruan tinggi.

Promosi Pegadaian Buka Lowongan Pekerjaan Khusus IT, Cek Kualifikasinya

“Pesan kepada bapak untuk membuka akses seluas luasnya tanpa melihat latar belakang ekonomi. Keadilan menjadi esensi untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia secara bersama-sama,” kata dia ditemui wartawan di Ono Solo Coffee, Minggu (4/2/2024).

Menurut dia, debat kelima yang menjadi giliran calon presiden di Jakarta Convention Center, Jakarta, Minggu (4/2/2024) malam penting. Enam subtema debat terakhir, yakni pendidikan, kesehatan, ketenagakerjaan, kebudayaan, teknologi informasi, serta kesejahteraan sosial dan inklusi, merupakan isu yang dekat dengan anak muda.

Menurut Alam, anak muda memiliki potensi besar untuk berkontribusi bagi bangsa. Segelintir anak muda kerap memberikan dampak besar bagi bangsa. Lebih-lebih anak muda akan menjadi kelompok terbanyak dalam populasi.

Namun, anak muda kerap merasa sulit mencari pekerjaan yang sesuai. Sedangkan para pengusaha juga kesulitan mencari tenaga kerja. Dunia pendidikan harus menyesuaikan dengan kebijakan dari pemerintah pusat.

“Anak muda harus punya mindset, kebahagian bukan di tujuan akhir namun bisa dirasakan selama menjalani proses. Tidak usah kebanyakan mikir, langsung kerjakan apa yang disuka,” ungkap dia.

Alam menjelaskan anak muda harus menjalani setiap proses. Apabila anak muda melompati anak tangga takutnya bisa terjatuh. Orientasi proses dan pengalaman menjadi penting.

“Makanya menghargai proses karena sering kali kebahagiaan diraih saat perjalanan,” ungkap dia.

Alam mengimbau para anak muda untuk tidak bermain gim sampai larut malam menjelang hari pemungutan suara supaya bisa ke tempat pemungutan suara, Rabu (14/2/2024). Anak muda diminta memilih pemimpin yang rasional.

“Pilih yang rasional dengan cara memahami masa lalunya dan cari yang cocok sesuai visi misinya,” ungkap dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya