SOLOPOS.COM - Andriyanto. (Instagram)

Solopos.com, SRAGEN — Andrianto, seorang chef dan YouTuber asal Sragen, Indonesia, berhasil menyita perhatian orang  dengan video-videonya tentang kuliner dan perjalanannya di Amerika Serikat.

Pemuda asal Desa Gabus Kecamatan Ngrampal, Kabupaten Sragen, Jawa Tengah, ini memutuskan untuk merantau ke Amerika Serikat pada tahun 2013 untuk mencari pekerjaan. Lulusan Teknik Elektro SMK Binawiyata, Kecamatan Karangmalang, Sragen pada 2012 ini bekerja tak sesuai latar belakang pendidikannya. Di Negeri Abang Sam, ia bekerja sebagai koki hibachi di salah satu restoran Jepang.

Promosi Pegadaian Buka Lowongan Pekerjaan Khusus IT, Cek Kualifikasinya

Selama bekerja di Amerika, Andrianto mulai belajar memasak berbagai macam masakan, termasuk masakan Indonesia. Ia juga mulai membuat video tentang memasak dan perjalanannya di Amerika. Video-video Andrianto menjadi viral di media sosial. Ada beberapa videonya di Youtube yang ditonton lebih 1 juta viewers.

Saat diwawancarai Solopos.com via Whatsapp, Selasa (19/9/2023) Andrianto menceritakan perjalanannya merantau ke AS. Semua diawali saat ia mencoba peruntungannya dengan mengikuti program penyaluran tenaga kerja ke Amerika. Sejumlah proses ia lalui sampai akhirnya ia bisa terbang ke AS di 2013.

Di kanal Youtubenya yakini Andri Indonesia, ia mengaku pertama kali belajar memasak saat kali datang ke Amerika. Perjalanannya menjadi seorang chef tidaklah mulus. Karena tidak sekolah, kemampuannya meracik makanan didapat dari pengalamannya. Ia juga banyak melakukan eksperimen menggunakan berbagai bahan dan bumbu masakan.

Di tempat ia bekerja saat ini, Andri memasak di sebuah meja grill di hadapan para pengunjung sambil melakukan atraksi, salah satunya adalah permainan api. Aksinya ini kerap membuang pengunjung terpukau.

Tidak hanya menunjukkan keahliannya dalam memasak, Andri juga sering mengunggah video saat menjalani kehidupan keseharian di negara yang kini dipimpin Joe Biden tersebut.

Andrianto tidak hanya membagikan resep masakan, ia juga membagikan tips dan trik tentang cara memasak, cara mendapatkan kerja di luar negeri, sampai cara membangun campervan.

Banyak juga video tentang hobinya yang lain yang melakukan touring ke berbagai negara bagian di Amerika Serikat. Ia mengaku sudah menempuh perjalanan 40.000 km sejauh ini dengan mengunjungi 46 negara bagian AS.

Ia menjelajah menggunakan campervan yang ia modifikasi sendiri. “Saya belajar memodifikasi campervan dari YouTube, sudah itu pasang sendiri. Modalnya cuma dua alat, yakni drill kayak bor itu, terus satunya gergaji,” ujar Andrianto.

Pulang ke Indonesia

Ia memanfaatkan kesempatan berkeliling Amerika Serikat itu untuk memperkenalkan Indonesia. Di bagian belakang mobilnya terpasang foto-foto keindahan alam dan budaya yang ada di Indonesia.

Andrianto biasa keliling Amerika selama dua bulan sekali perjalanan. Tiga bulan sebelumnya ia bekerja untuk mengumpulkan uang untuk membiayai perjalanannya itu. Dari pekerjaannya sebagai koki, Andri mendapatkan gaji Rp30 juta-Rp40 juta per bulan.

Ia hanya menggunakan sebagian kecil gajinya, sisanya untuk jalan-jalan. Aktivitas ini sudah ia jalan selama tiga tahun terakhir.

Andri mengaku sejak 2016, ia belum pernah pulang ke Indonesia. Ia  berencana untuk kembali ke Sragen pada 2025 mendatang. “Terakhir pulang tahun 2015, sampai sekarang belum pulang lagi dan nggak mau menetap di Amerika sih. Rencana sampai 2025 pulang ke Indonesia terus bikin usaha di Indonesia” ujar Andri.

Di kampung halaman, ia berencana membuka usaha kuliner sambil melihat peluang lain.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya