SOLOPOS.COM - Warga Gamping, Jambeyan, Smabirejo, Sragen, berjjalan kaki di jalan beton yang belum lama selesai dibangun di wilayah mereka, Kamis (3/11/2022). (Solopos.com/Tri Rahayu)

Solopos.com, SRAGEN — Alokasi anggaran untuk pembangunan dan pemeliharaan infrastruktur jalan dan jembatan pada 2023 naik dua kali lipat dibandingkan 2022. Anggaran Infrastruktur di APBD 2023 nilainya Rp133,078 miliar atau naik 111,11% bila dibandingkan 2022 yang hanya Rp63,052 miliar.

Dengan melonjaknya anggaran infrastruktur hingga dua kali lipat lebih, harapannya keluhan warga soal banyaknya jalan dan jembatan rusak bisa teratasi.

Promosi Pegadaian Resmikan Masjid Al Hikmah Pekanbaru Wujud Kepedulian Tempat Ibadah

Kepala Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Sragen, R. Suparwoto, Kamis (3/11/2022), mengatakan alokasi anggaran untuk infrastruktur 2023 sudah digedok di KUA PPAS [Kebijakan Umum Anggaran, Plafon dan Prioritas Anggaran Sementara] APBD 2023.

Kabid Bina Marga DPU Sragen, Mursid Joko Wiranto, mengatakan anggaran Rp133 miliar itu akan digunakan untuk memperbaiki 31 ruas jalan dan membangun enam jembatan pada tahun depan.

Dari enam jembatan tersebut, tiga di antaranya jembatan besar, yakni Jembatan Pengkok, Jembatan Kedungwaduk, dan Jembatan Kedusan. Sementara tiga pekerjaan pembangunan jembatan lainnya, ujar dia, merupakan kegiatan pemeliharaan.

Baca Juga: Faktor Jalan Cuma Menyumbang 6 Persen Penyebab Kecelakaan di Sragen

Tahun ini masih ada pengerjaan perbaikan 14 ruas jalan senilai total Rp22 miliar. Progresnya rata-rata 15%-20%.  “Tetapi ada juga yang sudah selesai, seperti Jl. Brigjen Katamso. Kemudian jalan Jetak-Pucung dan Jalan Srawung-Katelan, tangen, selesai pada Sabtu besok,” jelasnya.

Sementara perbaikan jalan Gandil-Kembangan dibuat cor beton yang ditargetkan pada 20 Desember sudah selesai.

Pada bagian lain, Bupati Sragen, Kusdinar Untung Yuni Sukowati, meresmikan empat ruas jalan dan satu jembatan yang sudah selesai dibangun dengan memotong pita di tengah jalan. Dalam rangkaian peresmian itu, Bupati menggandeng Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Sragen untuk membagikan 100 paket sembako per lokasi peresmian kepada warga setempat yang membutuhkan.

“Jalan yang diresmikan ini sudah dibangun dengan dana besar. Semoga bermanfaat untuk warga semua. Matur nuwun kepada warga yang dulu tidak ikut lomba foto jalan rusak. Usulan warga itu bisa dibenahi asalkan semua manut dengan Bupati. Semua mau nderek Bupati?” ujar Yuni, sapaan Bupati, yang dijawab serentak oleh warga dengan kata “Ya.”

Baca Juga: Truk Terguling di Tikungan Sambi Sragen, Kades: Lokasi Rawan Kecelakaan

Usulan warga yang dimaksud Bupati itu berupa pembangunan jalan dari Pasar Jambeyan hingga perbatasan dengan Jawa Timur yang panjangnya 1,3 km. Bupati menjanjikan jalan itu dibangun tahun depan.

Jalan yang sudah diresmikan Bupati itu diperkirakan bisa bertahan sampai 10 tahun dalam kondisi normal.

Berikut ini daftar ruas jalan dan jembatan yang selesai diperbaiki.

No       Nama Paket                                                     Panjang              Lebar                 Pagu Anggaran

1          Jalan Winong-Jambeyan (Sambirejo)          3,600 km             4,5 meter            Rp7,257 miliar

2          Jalan Wonotolo-Srimulyo (Gondang)           2,268 km             4,5 meter            Rp4,6 miliar

3          Jalan Pilangsari-Peloksepur (Ngrampal)     1,9 km                  3-4 meter            Rp4 miliar

4          Jalan Kauman-Cungul (Masaran)                  3,25 km                4 meter                Rp6,3 miliar

5          Jembatan Mlokolegi, Celep (Kedawung)       9 meter               6 meter                Rp2,725 miliar

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya