SOLOPOS.COM - Warga bersama anggota TNI Koramil 15/Andong, Senin (14/12/2015) bergotong–royong memperbaiki rumah warga di Kecamatan Andong yang rusak karena tertimpa pohon akibat puting beliung pada Minggu (13/12/2015) sore. (JIBI/Solopos/Istimewa)

Angin kencang Boyolali menyebabkan ratusan rumah di enam desa rusak.

Solopos.com, BOYOLALI—Seratusan rumah di enam desa di Kecamatan Andong rusak akibat puting beliung yang terjadi Minggu (13/12/2015).

Promosi Pegadaian Buka Lowongan Pekerjaan Khusus IT, Cek Kualifikasinya

Sedikitnya ada 112 rumah rusak, mulai dari rusak ringan hingga rusak berat. Dari 112 rumah yang rusak, lima di antaranya rusak berat, 15 rumah rusak sedang, dan sisanya rusak ringan.

“Kejadiannya Minggu sore sekitar pukul 16.30 WIB. Puting beliung itu menimpa enam desa,” kata Camat Andong, Sucipto, kepada Solopos.com, Senin (14/12/2015).

Enam desa yang terkena puting beliung adalah Desa Beji, Pelemrejo, Kacangan, Mojo, Semawung, dan Kunti.

Perinciannya, di Desa Beji ada lima rumah, Desa Mojo ada sepuluh rumah, Desa Andong ada 42 rumah satu rumah di antaranya tertimpa pohon, Desa Kunti sebanyak 15 rumah rusak, Desa Palemrejo sebanyak 25 rumah, dan Desa Semawung sebanyak 15 rumah.

“Mayoritas genting rumah berhamburan. Namun ada lima rumah yang rusak berat, nanti akan kami upayakan bantuan dari pemerintah,” imbuh Sucipto. Saat ini, Pemerintah Kecamatan Andong masih mendata kerugian akibat bencana tersebut.

Dari informasi yang dihimpun Solopos.com, di Andong telah terjadi hujan lebat disertai angin puting beliung pada Minggu sore. Kejadian tersebut berlangsung kurang lebih 15 menit dan mengakibatkan kerusakan pada ratusan rumah penduduk, seperti genting berhamburan dan rumah tertimpa pohon.

Muspika mendatangi lokasi kejadian dan  mendata kerugian material. Senin pagi, warga bersama anggota Koramil 15/Andong bergotong-royong memperbaiki rumah penduduk yang rusak ringan.

Karya bhakti dilaksanakan di beberapa rumah warga yang mengalami kerusakan berat dan sedang antara lain rumah milik Zaenal, 48, warga Dukuh Ngemplak RT 012/006 Desa Andong.

“Rumah milik Zaenal mengalami rusak berat karena tertimpa pohon pete yang ada di belakang rumahnya,” kata Danramil Andong, Kapten (Inf) Mugiyanto.

Selain itu, anggota TNI juga membantu memperbaiki rumah milik Sowo, 48, warga RT 018/RW 003 Dukuh Bandung Desa Beji yang mengalami rusak ringan. Genting dan asbes pada teras rumah rusak tersapu angin puting beliung.

Satu rumah lagi di RT 017/RW 006, Dukuh Kliwonan, Desa Mojo, milik Sunardi, 40, juga menjadi sasaran program karya bhakti TNI karena mengalami rusak sedang. Genting pada atap rumah bagian dapur tersapu angin puting beliung.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya