SOLOPOS.COM - Petugas dibantu masyarakat membersihkan potongan batang pohon yang tumbang di ponggir Jl Kolonel Sutarto, Jebres, Solo, Senin (24/10/2022). (Istimewa

Solopos.com, SOLO — Angin kencang melanda wilayah Solo bagian timur yang mengakibatkan pohon di jalur lambat pinggir Jl Kolonel Sutarto, Jebres, Solo, tumbang. Masyarakat diminta meningkatkan kewaspadaan saat turun hujan lebat disertai angin kencang.

Informasi yang dihimpun Solopos.com, Senin (24/10/2022), hujan dengan intensitas ringan disertai angin kencang terjadi di wilayah Solo bagian timur sekitar pukul 14.30 WIB. Akibatnya, sejumlah pohon di pinggir jalan tumbang diterjang angin .

Promosi Beli Emas Bonus Mobil, Pegadaian Serahkan Reward Mobil Brio untuk Nasabah Loyal

Pohon yang tumbang di pinggir jalur lambat Jl Kolonel Sutarto tepatnya di sisi selatan rumah duka Thiong Ting. Batang pohon menimpa bagian bodi depan mobil yang diparkir di pinggir jalan. 

Seorang warga setempat, Ahmad, mengatakan kejadian pohon tumbang di Jl Kolonel Sutarto, Solo, itu berlangsung cepat. Kala itu gerimis disertai angin kencang. Tiba-tiba, pohon di jalur lambat tumbang.

“Bodi mobil bagian depan lecet setelah tertimpa batang pohon. Namun, tidak ada korban jiwa karena mobil dalam kondisi kosong,” katanya saat diwawancari Solopos.com, Senin.

Baca Juga: Video Puting Beliung Terjang Pabrik DDT di Tasikmadu Karanganyar Viral

Tak berapa lama kemudian, petugas dari Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Solo dan sukarelawan tanggap bencana alam mendatangi lokasi kejadian. Mereka langsung memotong batang pohon yang tumbang agar bisa dilewati pengguna jalan.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Solo, Nico Agus Putranto, mengatakan masyarakat diminta meningkatkan kewaspadaan terhadap bencana alam selama musim penghujan. Angin kencang bisa memporak-morandakan atap rumah dan menumbangkan pohon di pinggir jalan seperti di Jl Kolonel Sutarto, Solo, sore itu. 

Selain angin kencang, bencana banjir juga mengancam warga yang berdomisili di pinggir Sungai Bengawan Solo. “Hujan dengan intensitas tinggi sering mengguyur wilayah Kota Solo. Beberapa hari lalu, air sungai meluap dan merendam rumah penduduk. Saya mengimbau masyarakat meningkatkan kewaspadaan terhadap potensi bencana alam,” katanya.

Baca Juga: Pohon Tumbang di Nguntoronadi Bikin Macet Jalan Wonogiri-Pacitan Hampir 1 Jam

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya