SOLOPOS.COM - POHON TUMBANG- Petugas Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP), memotong dahan pohon yang tumbang menimpa sebuah becak di Jl Slamet Riyadi, Solo, Rabu (25/1/2012). Pohon tersebut tumbang akibat angin kencang yang melanda Kota Solo, tidak ada korban dalam kejadian tersebut. (JIBI/SOLOPOS/Dwi Prasetya)

POHON TUMBANG- Petugas Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP), memotong dahan pohon yang tumbang menimpa sebuah becak di Jl Slamet Riyadi, Solo, Rabu (25/1/2012). Pohon tersebut tumbang akibat angin kencang yang melanda Kota Solo, tidak ada korban dalam kejadian tersebut. (JIBI/SOLOPOS/Dwi Prasetya)

SOLO--Angin kencang yang melanda kawasan Solo dan sekitarnya, Rabu (25/1) membuat aliran listrik di sejumlah Solo dan sekitarnya padam.

Promosi Lebaran Zaman Now, Saatnya Bagi-bagi THR Emas dari Pegadaian

PLN APJ Surakarta mencatat listrik padam hampir di seluruh kawasan di bawah penanganan APJ Surakarta. Kawasan yang sempat mati lampu di antaranya kawasan UPJ Jatisrono, Wonogiri, Sukoharjo, Karanganyar, Sragen, Palur, Manahan, Solo Kota, Grogol, dan Kartasura. Menurut Pejabat Humas PLN APJ Surakarta, Suharmanto, angin kencang membuat jaringan listrik kacau balau. Beberapa sambungan (jumper) terlepas, dahan patah menimpa jaringan sehingga aliran listrik terhenti, dan beberapa trafo tidak berfungsi lantaran bagian sambungan trafo lepas.

“Betul, mulai pukul 11.00 WIB hampir semuanya listrik padam. Trafo rusak, sambungan lepas, tiang kena dahan, ini baru diobrak-abrik angin,” kata Suharmanto, saat dihubungi Solopos.com, Rabu.

Suharmanto sendiri bersama petugas PLN segera memantau lokasi dan melakukan perbaikan secepatnya. Sekitar pukul 14.00 WIB beberapa titik di Kota Solo dan Grogol listrik telah menyala. Namun, mengingat angin masih kencang, perbaikan belum bisa dilakukan maksimal. Di kawasan Purwosari hingga Kartasura angin kencang masih terasa sekitar pukul 15.00 WIB.

Dia pun mengimbau masyarakat untuk tidak berada di dekat pohon besar maupun jaringan listrik serta trafo. Suharmanto menegaskan gangguang kali ini disebabkan kondisi alam, sehingga dia berharap masyarakat bisa mengerti. Dia juga meminta maaf kepada pelanggan atas ketidaknyamanan yang terpaksa terjadi. Dia berharap angin kencang lekas berhenti sehingga petugas PLN bisa segera bekerja menuntaskan semua ganggungan.

“Kami minta maaf kepada pelanggan. Listrik padam hari ini sepenuhnya karena angin kencang,” ujar Suharmanto.

Sementara itu, warga Jebres, Agus, mengeluhkan kondisi listrik padam. Gara-gara listrik mati, aktivitas pemuda yang bekerja di sebuah perusahaan swasta ini terkendala. “Saya bingung kok semuanya mati, dari mulai Jebres, Solo Baru, sampai Sukoharjo,” kata dia.

(JIBI/SOLOPOS/Tika Sekar Arum)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya