SOLOPOS.COM - Pohon tumbang menutup akses di wilayah Desa Tambongwetan, Kecamatan Kalikotes, Senin (28/3/2022) sore. (Istimewa/BPBD Klaten)

Solopos.com, KLATEN — Hujan disertai angin kencang menerjang sejumlah wilayah di Klaten, Senin (28/3/2022) sore. Kencangnya hembusan angin membuat pohon di sejumlah wilayah tumbang menimpa rumah hingga menutup akses.

Berdasarkan data yang dihimpun dari BPBD Klaten, peristiwa pohon tumbang terjadi di delapan desa yang tersebar di tujuh kecamatan.

Promosi Beli Emas Bonus Mobil, Pegadaian Serahkan Reward Mobil Brio untuk Nasabah Loyal

Di Desa Gesikan, Kecamatan Gantiwarno, pohon tumbang menutup jalan. Kondisi serupa juga terjadi di Desa Tambongwetan, Kecamatan Kalikotes (satu pohon tumbang menutup akses di wilayah Dukuh Tambong Wetan). Di Desa/Kecamatan Kalikotes, pohon tumbang menimpa satu rumah warga di wilayah Dukuh Jogodayoh.

Baca Juga: PascaDiterjang Angin Kencang, Warga Demakijo Kompak Gotong Royong

Di Desa Wonosari, Kecamatan Trucuk, pohon tumbang sempat menutup akses jalan di wilayah Dukuh Wonosari, RT 004/RW 002. Di Desa Kemudo, Kecamatan Prambanan pohon tumbang selain mengganggu akses jalan juga menimpa jaringan listrik.

Di Desa Paseban, Kecamatan Bayat, pohon tumbang menimpa jaringan internet dan menyebabkan pengendara sepeda motor terluka. Pengendara dan pembonceng sepeda motor sudah dilarikan ke rumah sakit.

Di Desa Demakijo, Kecamatan Karangnongko, pohon tumbang menutup akses jalan di wilayah Dukuh Sanggrahan. Di Desa Kranggan, Kecamatan Manisrenggo, pohon tumbang menimpa satu rumah warga.

Baca Juga: Maret Jadi Puncak Musim Hujan di Klaten, Warga Diminta Waspada

Pendataan

Sekretaris BPBD Klaten, Nur Tjahjono Suharto, mengatakan BPBD masih terus melakukan pendataan terkait dampak hujan deras disertai angin kencang yang melanda sejumlah wilayah di Klaten.

“Untuk bencana puting beliung masih mendominasi bencana hidrometeorologi di Klaten. Kejadiannya cukup bervariasi. Memang dalam masa pancaroba ini perlu diwaspadai adanya angin kencang, hujan deras, serta petir. Harapan kami ada kesiapsiagaan, kewaspadaan semua lapisan maysarakat mengurangi risiko bencana di Klaten,” kata Nur, Senin.

Camat Manisrenggo, Raharjo Budi Setiyono, mengatakan dari pendataan sementara ada dua rumah Manisrenggo yang tertimpa pohon tumbang.

Baca Juga: Angin Kencang Landa 3 Desa di Karangnongko

“Di Desa Kranggan ada salah satu rumah warga yang tertimpa pohon karena angin kencang tadi sore dan kini masih dalam penanganan sukarelawan. Di Ngemplakseneng juga ada rumah tertimpa pohon tumbang. Jadi ada dua rumah tertimpa pohon dan kini masih dalam penanganan sukarelawan. Untuk korban jiwa, Alhamdulillah tidak ada,” kata dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya