SOLOPOS.COM - Wakil Wali Kota Solo Teguh Prakosa meninjau demo mengolah ikan dengan peserta siswa SMP dalam rangka perayaan hari jadi ke-78 Pemkot Solo di Taman Balekambang, Solo, Rabu (19/6/2024). Acara itu juga bertujuan agar anak gemar makan ikan. (Solopos.com/Wahyu Prakoso)

Solopos.com, SOLO– Angka konsumsi ikan (AKI) Kota Solo terus meningkat dari tahun ke tahun. Namun jumlahnya tergolong rendah. Pemkot Solo mengenalkan olahan ikan agar warga gemar makan ikan sejak dini.

Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (Dispangtan) Kota Solo mencatat AKI Kota Solo 28,51 kg per kapita pada 2021 meningkat menjadi 32,61 kg per kapita pada 2022. AKI kembali meningkat sedikit menjadi 32,84 kg per kapita pada 2023.

Promosi Beli Emas Bonus Mobil, Pegadaian Serahkan Reward Mobil Brio untuk Nasabah Loyal

Kepala Dispangtan Solo Eko Nugroho Isbandijarso mengatakan AKI Solo rendah karena masih di bawah rata-rata Jawa Tengah sekitar 36 kg per kapita dan rata-rata nasional sekitar 54 per kapita.

“Kota Solo jauh dari wilayah laut. Kemudian warga lebih suka mengkonsumsi daging ayam, sapi, dan kambing. Mereka kurang begitu gemar makan ikan sehingga angka konsumsi ikan rendah,” jelas Eko kepada Solopos.com ditemui di Taman Balekambang, Solo, Rabu (19/6/2024).

Salah satu upaya agar warga gemar makan ikan sejak dini dengan membagikan 1.000 kemasan sempol ikan kepada siswa dalam rangka hari jadi ke-78 Pemkot Solo yang dirayakan di Taman Balekambang, Solo, Rabu (19/6/2024).

Selain itu, Dispangtan Kota Solo mengajak 100 siswa SMPN 1 Solo, SMPN 2 Solo, SMPN 3 Solo, SMPN 4 Solo, dan SMPN 5 Solo demo mengolah ikan menjadi nuget. Wakil Wali Kota Solo Teguh Prakosa membersamai murid untuk mengolah ikan menjadi nuget serta menyantap olahan ikan.

Selain pelajar, lanjut Eko, Dispangtan Kota Solo melakukan demo mengolah ikan menyasar perempuan di setiap kelurahan di Solo. Program itu didanai Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) maupun Pemkot Solo melalui APDB.

“Ikan mengandung protein lengkap, mudah diserap tubuh, dan baik untuk anak-anak maupun ibu hamil karena ada Omega 3,” ungkap Eko.

Teguh menjelaskan pentingnya mengkonsumsi ikan sejak dini. Mengkonsumsi ikan pada remaja dapat mencegah stunting.

Adapun perayaan hari jadi Pemkot Solo terdapat tiga acara dengan melibatkan anak-anak di Taman Balekambang Rabu pagi. Selain kampanye gemar makan ikan, ada pentas seni melibatkan 1.000 pelajar dan makan bersama melibatkan sekitar 604 anak berisiko stunting.

Tasyakuran hari jadi ke-78 Pemkot Solo mengundang keluarga mantan Wali Kota Solo serta berbagai pemangku kepentingan di Taman Balekambang, Rabu malam. Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka dijadwalkan hadir.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya