SOLOPOS.COM - Wakil Wali Kota Solo, Teguh Prakosa, membagikan sertifikat tanah gratis program daerah (proda) milik warga di daerah Kerten, Laweyan, Solo, Jumat (31/12/2021). (Solopos.com/Ika Yuniati)

Solopos.com, SOLO — Wakil Wali Kota Solo, Teguh Prakosa, membagikan langsung sertifikat tanah gratis program daerah (Proda) bagi warga di Kecamatan Laweyan, Jumat (31/12/2021). Blusukan penyerahan sertifikat yang menjadi program baru pemerintahan Wali Kota Gibran Rakabuming Raka–WawaliWawali Teguh Prakosa ini bertujuan agar lebih dekat dengan masyarakat.

Harapannya, dengan begitu mereka bisa mendengarkan keluhan dan melihat kondisi rumah warga secara langsung. Teguh mengatakan program tersebut juga dirasa lebih memudahkan masyarakat ketimbang dikumpulkan di kantor kelurahan maupun kecamatan.

Promosi Lebaran Zaman Now, Saatnya Bagi-bagi THR Emas dari Pegadaian

“Kalau warga dikumpulkan di kelurahan atau kecamatan, kita enggak pengin membebani mereka yang bekerja. Belum tentu saat diundang bisa datang. Mungkin ada yang bekerja atau lainnya. Kalau datang langsung begini pemerintah bisa melihat kondisi mereka secara langsung. Mungkin juga ada permasalahan lain yang kita tidak ketahui,” kata Teguh, Jumat.

Baca Juga: Minim Pesta Kembang Api, Warga Solo Bunyikan Klakson Sambut Tahun Baru

Sementara itu, sepanjang 2021 ini total ada 605 sertifikat Proda yang sudah diberikan Pemkot kepada warga. Sebelumnya pada 2020 ada sekitar 183 sertifikat yang dibagikan. Teguh juga berharap setelah ini perangkat kelurahan setempat rajin melakukan sosialisasi kepada masyarakat untuk mengurus legalitas tanahnya ke Pemkot Solo.

Pada Jumat pagi tersebut Teguh membagikan tiga sertifikat di Kecamatan Laweyan. Salah satunya sertifikat milik keluarga Sri Rejeki di Kerten, Laweyan. “Puji Tuhan diantar langsung ke rumah. Ini kado Natal terindah buat kami. Kami senang karena dengan begini kami memiliki kepastian hukum yang jelas soal tanah yang kami tempati,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya