SOLOPOS.COM - Petugas Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Solo memantau arus lalu lintas dari layar monitor kamera closed circuit television (CCTV) di Central Control (CC) Room baru di gedung B Wahana, kompleks kantor Dishub Solo, Senin (8/11/2021). (Solopos/Nicolous Irawan)

Solopos.com, SOLO — Hujan deras yang mengguyur Kota Solo terutama di sore hari dalam beberapa pekan terakhir, membuat pengendara kendaraan bermotor terutama roda dua harus waspada. Jalan yang licin ditambah angin yang kencang membuat rawan terjadi kecelakaan.

Mengantisipasi bahaya kecelakaan saat musim hujan, Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Solo meningkatkan pengawasan di beberapa lokasi yang dianggap rawan. Dishub Kota Solo juga berkoordinasi dengan instansi terkait seperti Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Solo.

Promosi Selamat! Direktur Utama Pegadaian Raih Penghargaan Best 50 CEO 2024

Menurut Kepala Bidang Lalu Lintas Dishub Kota Solo, Ari Wibowo , pihak Dishub Solo terus memantau di beberapa lokasi.

“Kami dari Dishub memantau di beberapa lokasi menggunakan kamera CCTV, kami juga mengerahkan petugas jika memang diperlukan. Ada beberapa lokasi seperti di Jalan Slamet Riyadi dan di Jalan Sumpah Pemuda, karena jalan yang licin ditambah ada angin kencang yang merubuhkan ranting pohon itu juga berbahaya bagi pengguna jalan,” ujar dia kepada Solopos.com, Kamis (27/10/2022).

Ari Wibowo mencontohkan ketika ada kecelakaan yang terjadi di depan Solo Square dan Jalan Slamet Riyadi dikarenakan ranting dan buah yang berjatuhan dari pohon dan mengakibatkan kecelakaan.

“Beberapa hari lalu ada di depan Solo Square jadi karena ada ranting yang tumbang ditambah buah dari pohonnya itu membuat jalan jadi licin, ada pengendara yang jatuh dan luka, hal yang sama juga kejadian di Jalan Slamet Riyadi, waktu itu pas hujan deras angin juga kencang rantingnya rontok dan itu kami awasi juga dan koordinasi dengan dinas terkait seperti DLH Kota Solo. Kami akhirnya mengambil langkah dengan merapikan rantingnya, kami potong supaya kalau hujan tidak berbahaya,” ujarnya.

Ari Wibowo juga mengingatkan untuk tetap berhati-hati saat berkendara di musim penghujan, karena kondisi jalan yang licin ditambah jarak pandang yang juga terbatas.

“Untuk pengguna jalan bisa lebih hati-hati saat hujan turun, karena jarak pandangnya terbatas ditambah lagi jalan juga akan lebih licin. Kalau bisa kendaraan selalu rutin dicek agar aman digunakan,” papar dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya