SOLOPOS.COM - Ilustrasi (JIBI/SOLOPOS/dok)

Ilustrasi (JIBI/SOLOPOS/dok)

SUKOHARJO-Sejumlah pangkalan di Kecamatan Tawangsari dan Weru, Sukoharjo meminta tambahan kuota LPG 3 kilogram (kg) untuk mengantisipasi kelangkaan, terutama mendekati Bulan Puasa. Hal itu karena jatah saat ini dinilai masih jauh dari memadai.

Promosi Pegadaian Buka Lowongan Pekerjaan Khusus IT, Cek Kualifikasinya

Pemilik pangkalan LPG 3 kg di Desa Kateguhan, Tawangsari, Misran,mengaku dalam satu pekan menerima kiriman 200-an tabung LPG 3 kg. Jumlah itu tidak mencukupi mengingat kebutuhan bahan bakar itu mencapai 400-an tabung per pekan, bahkan bisa lebih besar.

“200 Tabung saja sangat kurang, apalagi kadang tidak sampai 200. Karena itu setiap ada kiriman langsung habis, setelah itu persediaan kosong lagi dan bakul  jadi kecele,” ungkapnya dijumpai
solopos.com di kiosnya di kompleks Pasar Tawangsari, Jumat (8/6/2012).

Misran menjelaskan dalam kondisi normal pengiriman LPG 3 kg dilakukan tiga kali sepekan. Namun tidak jarang pasokan ke pangkalan berkurang dan hanya datang dua kali. Dampaknya, kata dia, pengecer sering kebingungan mencari bahan bakar yang diinginkan.

”Kalau tidak dikirim saya yang nabyak-nabyak ke pangkalan lain, kasihan daripada pengecer kecele. Permintaan kami kuota LPG 3 kg pangkalan ditambah lagi,” harapnya.

Senada disampaikan pemilik pangkalan LPG 3 kg di Pasar Weru, Kecamatan Weru, Dewi, 25. Menurut dia selama ini kiriman LPG 3 kg datang tiga kali sepekan dengan setiap pengiriman sebanyak 100 tabung atau total 300 tabung. Dikemukakan, meski dari sisi jumlah cukup banyak, melihat kebutuhan masyarakat pasokan itu belum mencukupi.

“Saya melayani 20-an pengecer, belum termasuk latengan. Kebutuhan riil sekitar 450 tabung per pekan, tapi sekarang pasokan hanya 300-an tabung,” paparnya ditempat terpisah.

Pengecer di Dukuh Sebrang Kulon, Desa Kedungsono, Kecamatan Bulu, Bu Sukat, 62, mengaku kerap membeli LPG 3 kg dari Selogiri, Wonogiri, karena kiriman tidak datang setiap hari. “Nyangking saja ke pasar (Selogiri). Tapi hanya dua atau tiga tabung, daripada ke Pasar Bulu kan jauh,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya