SOLOPOS.COM - Anggota tim medis menata sampel urine anggota TNI AU Lanud Adi Soemarmo, Rabu (18/10/2023) di lingkungan setempat dalam kegiatan tes urine yang merupakan rangkaian HUT ke-77 Polisi Militer TNI AU. (Solopos.com/Akhmad Ludiyanto)

Solopos.com, KARANGANYAR — Seratusan anggota TNI Angkatan Udara (AU) di lingkungan Pangkalan Udara (Lanud) Adi Soemarmo di Colomadu, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah menjalani tes urine, Rabu (18/10/2023). Kegiatan tersebut  untuk mencegah dan mengantisipasi penyalahgunaan narkoba di kalangan para prajurit TNI AU.

Pantauan Solopos.com di lokasi, satu persatu prajurit sasaran yang telah dipilih secara acak tersebut menyerahkan sampel urine mereka. Sampel urine tersebut kemudian diserahkan kepada tim medis untuk diperiksa lebih lanjut atas kemungkinan adanya kandungan zat-zat narkoba.

Promosi Pegadaian Buka Lowongan Pekerjaan Khusus IT, Cek Kualifikasinya

Danlanud Adi Soemarmo, Marsekal Pertama Ridha Hermawan, mengatakan kegiatan ini merupakan bagian dari rangkaian acara peringatan HUT ke-77 Polisi Militer TNI AU. Selain tes urine, pada hari yang sama juga diadakan ceramah hukum narkotika bagi para anggota TNI AU.

“Sasaran dan tujuan ini adalah memberikan kesadaran akan bahaya narkotika, mengedukasi dampak hukum bagi personel TNI AU yang terlibat penyalahgunaan narkotika dan mencegah terjadinya penyalahgunaan narkotika,” ujar Ridha dalam sambutan pembukaan acara yang dibacakan Danwingdik 400 Matukjur Lanud Adi Soemarmo, Kolonel Pas RH Aritonang.

Aritonang mengatakan jika ada personel yang terbukti menggunakan narkotika, maka yang bersangkutan akan diproses sesuai dengan aturan yang berlaku.

Di sisi lain, dalam rangka HUT ke-77 Polisi Militer TNI AU tersebut, Lanud Adi Soemarmo juga mengadakan kegiatan lain di internal seperti lomba-lomba olahraga. Selain itu, ada juga kegiatan bakti sosial pendonoran darah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya