SOLOPOS.COM - Warga antre untuk menggunakan hak pilih pada Pilkades di Desa Karanganom, Kecamatan Klaten Utara, Rabu (5/7/2023). (Solopos.com/Taufiq Sidik Prakoso)

Solopos.com, KLATEN — Tahapan coblosan pemilihan kepala desa (Pilkades) di Desa Karanganom, Kecamatam Klaten Utara berlangsung meriah, Rabu (5/7/2023). Sejak pagi, warga berbondong-bondong mendatangi kantor desa yang menjadi tempat pemungutan suara (TPS).

Antrean warga mengular di ruas Jl. Dr Soetomo di depan kantor desa. Untuk memperlancar proses pemilihan itu ruas jalan di depan kantor desa ditutup.

Promosi Beli Emas Bonus Mobil, Pegadaian Serahkan Reward Mobil Brio untuk Nasabah Loyal

Ada lima bilik suara di TPS itu sesuai wilayahnya. Antrean warga dibagi berdasarkan warna yang menunjukkan wilayah dan bilik yang digunakan untuk memberikan suara.

Salah satu warga, Ibnu, 29, mengaku rela ikut antrean agar bisa memberikan hak pilih kepada calon kepala desa (cakades) sesuai pilihannya. Dia memilih izin kerja dulu agar bisa menggunakan hak pilih.

“Saya memberikan suara soalnya ini [Pilkades] yang paling dekat dan berpengaruh dengan kehidupan masyarakat,” kata Ibnu saat ditemui di sela mengantre.

Ibnu mengatakan antusias warga untuk memberikan hak pilih sangat tinggi. Dia berharap siapapun yang terpilih menjadi Kades Karanganom, suasana Karanganom tetap damai.

“Yang penting damai saja. Yang saya dukung menang atau kalah yang penting damai,” kata karyawan swasta itu.

Warga lainnya, Salsabila, 21, juga mengatakan antusias warga memberikan hak pilih sangat tinggi. Dia juga berharap suasana Karanganom tetap kondusif siapapun yang akan terpilih.

“Mudah-mudahan yang terpilih ke depan memimpin Karanganom lebih baik, amanah, bisa lebih memperhatikan keluhan warga,” kata Salsabila.

Ada dua Cakades di Karanganom, yakni Tri Handayani dan Wagiya. Sementara itu, jumlah pemilih di Karanganom hampir 8.000 orang atau yang terbanyak dibandingkan desa lainnya yang menggelar Pilkades gelombang I tahun 2023.

Sebagai informasi, Pilkades serentak gelombang I tahun 2023 digelar di 67 desa yang tersebar di 22 kecamatan, Rabu (5/7/2023). Hingga kini, pelaksanaan Pilkades di Klaten berjalan relatif lancar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya