SOLOPOS.COM - Panitia Ayo Mudik Gratis Bareng Pelindo III melepas bus yang mengangkut para penumpang kapal dari Pelabuhan Tanjung Emas menuju ke beberapa daerah di Jateng dan DIY, Kamis (15/6/2017). (JIBI/Semarangpos.com/Imam Yuda S.)

Solopos.com, KARANGANYAR– Antusiasme para perantau asal Kabupaten Karanganyar di wilayah Jakarta Bogor Depok Tangerang dan Bekasi (Jabodetabek) untuk mengikuti program mudik gratis angkutan Lebaran 2023 sangat tinggi.
Bahkan sembilan unit bus mudik gratis yang disiapkan Pemkab Karanganyar sudah full booking. Ketua Paguyuban Warga Karanganyar (Pagaranyar), Sukirdi mengatakan pendaftaran program mudik gratis khusus kendaraan yang disediakan Pemkab sudah dibuka sejak sepekan terakhir. Pendaftaran tersebut menggandeng 15 komunitas warga Karanganyar yang berada di wilayah Jabodetabek.
“Tahun ini untuk program mudik gratis disediakan 11 unit bus. Sembilan dari Pemkab dan dua unit bus dari Pemprov. Untuk Pemkab ini sudah penuh,” kata dia kepada Solopos.com, Minggu (12/3/2023).
Pemudik yang mendaftar untuk program mudik gratis ini wajib penduduk Karanganyar. Dengan dibuktikan Kartu Tanda Penduduk (KTP) Karanganyar. Sedangkan untuk dua unit bus bantuan Pemprov Jateng, hingga kini masih pendaftarannya. Pemudik bisa mendaftarkan melalui online yang ditekel langsung provinsi. Diakuinya bantuan unit bus program mudik gratis pada tahun ini menurun drastis dibandingkan terakhir diadakan pada 2019 silam. Dimana Pemkab menyediakan 32 unit bus mudik gratis. Sementara tahun ini hanya sembilan unit bus.
Padahal jumlah warga perantau asal Karanganyar di wilayah Jabodetabek mencapai 35.000 orang. Saat ini pihaknya tengah mencari bantuan bus mudik gratis dari corporate social responsibility (CSR) perusahaan maupun partai politik.
“Kita sedang cari-cari CSR untuk memenuhi kekurangan. Mudah-mudahan dapat tambahan,” katanya.
Menurut informasi, dia mengatakan Pemprov DKI juga menyiapkan mudik gratis untuk warga Karanganyar. Dari informasi yang diterimanya, Pemprov menyediakan 13 unit bus. Bus ini disediakan bagi perantau tanpa persyaratan wajib ber-KTP Karanganyar. Selain bantuan dari Pemprov DKI, pihaknya juga menunggu bantuan bus mudik gratis program Kementerian Perhubungan (Kemenhub) serta BUMN.
“Jadi berapapun unitnya akan kita maksimalkan,” tambah dia.
Program mudik gratis diberikan tanpa ada pungutan apapun. Program mudik gratis ini diutamakan bagi perantau yang membutuhkan.
Sebelumnya, setelah tiga tahun ditiadakan akibat Pandemi Covid-19, program mudik gratis kembali berjalan pada tahun ini.
Sebanyak 11 unit bus disiapkan Pemkab Karanganyar untuk mengangkut para pemudik di wilayah Jakarta Bogor Depok Tangerang dan Bekasi (Jabodetabek). Kabid Lalu Lintas Dinas Perhubungan (Dishub) Karanganyar Bambang Prasetyo mengatakan program mudik gratis akan dilaksanakan saat musim Lebaran nanti.
Dengan jumlah kendaraan yang disiapkan ada 11 unit bus. Sembilan bus dari Pemkab Karanganyar dan dua unit bus dari Provinsi Jawa Tengah.
“Sembilan bus sesuai petunjuk nanti pemberangkatan dari Taman Mini pada 15 April. Kemudian dua bus back up dari provinsi pemberangkatannya pada 17 April. Tempatnya dimana masih dikoordinasikan,” kata dia, Kamis (9/3/2023).
Program mudik gratis disiapkan Pemkab untuk mengakomodasi warga perantau yang bekerja di wilayah Jabodetabek. Pemkab menggandeng Paguyuban Warga Karanganyar (Pagaranyar) yang akan mewadahi warga di perantauan untuk mudik Lebaran. Sedangkan untuk program mudik gratis dari provinsi, Pemkab menyerahkan sepenuhnya ke provinsi.
Biasanya bus mudik gratis program provinsi untuk penurunan penumpang akan dilakukan di Terminal Tirtonadi Solo. Sedangkan program mudik gratis Pemkab Karanganyar akan turun di Alun-alun Karanganyar.

Promosi Beli Emas Bonus Mobil, Pegadaian Serahkan Reward Mobil Brio untuk Nasabah Loyal

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya