SOLOPOS.COM - Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka, mengibarkan bendera start untuk membua IKA UNS Color Run 2023 di Kampus Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo, Sabtu (4/3/2023). (Solopos.com/Dhima Wahyu Sejati)

Solopos.com, SOLO — IKA UNS Color Run 2023 disebut akan menjadi event tahunan untuk memperingati dies natalis kampus setempat. Acara yang berlangsung di Danau Fakultas Pertanian Universitas Sebelas Maret atau Solo itu diikuti ribuan peserta dari berbagai daerah, Sabtu (4/3/2023).

Rektor Universitas UNS Solo, Jamal Wiwoho, berharap acara ini bisa menjadi event tahunan untuk memperingati hari jadi kampus yang dia pimpin itu. “Saya berharap bahwa event ini menjadi kalender tahunan kalau nanti ada Dies Natalis lagi,” kata dia. 

Promosi Pegadaian Resmikan Masjid Al Hikmah Pekanbaru Wujud Kepedulian Tempat Ibadah

Menurutnya bisa saja event lomba lari seperti ini tidak akan hanya berjarak 3 km, 5 km, dan 11 km, namun bisa dijadikan ajang perlombaan lari maraton. “Ke depan bisa saja ini menjadi IKA UNS Calor Maraton, jadi bisa 40 km dan sebagainya,” ujar dia.

Dia mengatakan acara IKA Color Run UNS menjadi rangkaian kegiatan Dies Natalis ke-47 UNS. Secara khusus, Jamal mengatakan acara tersebut diinisiasi oleh ikatan alumni sebelas maret atau IKA UNS. “Tujuannya lebih banyak memasyarakatkan olahraga, khususnya dalam bidang lari untuk 3, 5, dan 11 km,” kata dia.

Dia mengapresiasi penyelenggaraan event tersebut lantaran banyak alumni yang kembali ke kampus untuk sekadar mengikuti lomba lari. “Seperti misalnya banyak alumni dari Jakarta naik kereta api bersama-sama hanya sekadar untuk ikut acara ini. Apalagi ada juga yang dari Papua dan sebagainya. Ini menunjukan kepedulian alumni terhadap universitas yang sudah meluluskannya itu sangat besar,” kata dia.

Menurutnya yang terpenting alumni UNS dari berbagai daerah bisa berkumpul. “Saya apresiasi karena penyelengaraan ini sukses peserta banyak, dan alumni bisa kembali lagi ke kampus,” ujar dia.

Dia juga mengapresiasi para peserta yang sudah berpartisipasi. “Sangat banyak, sangat bagus, tadi ada sekitar 1.500 orang kan, ya kita juga senang, cuaca cerah,” ujar dia.

Turut hadir Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka. di event lomba lari IKA UNS Color Run 2023, pada Sabtu (4/3/2023) pagi. Dia sempat mengibarkan bendera start tanda dimulainya lomba lari jarak 11 km. 

Gibran mengatakan acara positif seperti IKA Color Run bisa diperbanyak lagi di Kota Solo. Dia menyambut positif acara olahraga tersebut. “Bagus, kegiatannya positif. Peserta ramai. Silahkan untuk terus mengadakan acara seperti ini, kita Pemkot [Solo] selalu mendukung,” kata dia kepada Solopos.com selepas acara, Sabtu.

Pantauan Solopos.com, peserta sudah berdatangan sejak pukul 05.30 WIB dengan melakukan pemanasan dan persiapan. Panitia mengonfirmasi setidaknya ada 1.387 peserta yang tercatat mengikuti IKA UNS Color Run 2023 dengan tiga pilihan rute lari yakni 3 km, 5 km, dan 11 km.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya