SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solopos.com, WONOGIRI Lima jabatan kepala desa (kades) di Wonogiri kosong hingga sekarang. Saat ini, jabatan kades diisi pejabat sementara untuk melayani masyarakat yang mengurus surat administrasi.

Kabag Pemerintah Desa (Pemdes) Setda Wonogiri, Sriyono, mengatakan kelima desa tersebut yakni Desa Tawangrejo, Kecamatan Jatipurno; Desa Tanjung, Kecamatan Bulukerto; Desa Keloran, Kecamatan Selogiri; Desa Gambiranom, Kecamatan Baturetno dan Desa Bakalan, Kecamatan Pracimantoro.

Promosi Lebaran Zaman Now, Saatnya Bagi-bagi THR Emas dari Pegadaian

Ada dua kades yang meninggal dunia sebelum masa jabatannya berakhir yakni Desa Tawangrejo dan Desa Tanjung. Sementara masa jabatan tiga kades lainnya telah berakhir.

“Jumlahnya ada lima jabatan kades yang masih kosong. Dua diantaranya kosong lantaran kades yang bersangkutan meninggal dunia,” katanya saat ditemui Solopos.com, di kantornya, Kamis (7/8/2014).

Rencananya, untuk mengisi kekosongan jabatan kades akan digelar pemilihan kepala desa (Pilkades) pada November mendatang. Namun, penyelenggaraan Pilkades tersebut terganjal aturan UU Desa.

Di sisi lain, seorang warga Desa Gemantar, Kecamatan Selogiri, Wawan meminta agar Pilkades segera digelar untuk mengisi kekosongan jabatan kades. Sebab, kades menjadi perpanjangan pemerintah dalam melayani masyarakat yang mengurus surat administrasi. Tak hanya itu, kades juga berperan menjaga kondisi ketenteraman masyarakat.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya