SOLOPOS.COM - Ilustrasi Uang (Dok/JIBI/Bisnis Indonesia)

Ilustrasi Uang (Dok/JIBI/Bisnis)

Ilustrasi Uang (Dok/JIBI/Bisnis)

Solopos.com, KLATEN — Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Klaten bakal menaikkan anggaran belanja tidak langsung dari Rp1,25 triliun menjadi Rp1,35 triliun melalui APBD Perubahan 2013.

Promosi Beli Emas Bonus Mobil, Pegadaian Serahkan Reward Mobil Brio untuk Nasabah Loyal

Hal itu terungkap dalam penyerahan draf Rancangan APBD Perubahan Klaten 2013 dari eksekutif Pemkab Klaten kepada DPRD Klaten dalam sidang paripurna, Jumat (2/8/2013).

Dalam kesempatan itu, Bupati Klaten, Sunarna, mengatakan jumlah alokasi belanja sebelumnya dianggarkan Rp1,628 triliun dalam APBD 2013 akan dinaikkan menjadi Rp1,799 triliun melalui APBD Perubahan 2013 atau naik Rp170 miliar.

Kenaikan belanja tersebut paling banyak terjadi di sektor belanja tidak langsung. Sebelumnya, belanja tidak langsung dianggarkan Rp1,25 triliun, kini naik menjadi Rp1,35 triliun.

“Khusus belanja tidak langsung ada kenaikan anggaran Rp107,9 miliar,” terang Sunarna pada kesempatan itu.

Alokasi belanja tidak langsung paling banyak tersedot untuk belanja pegawai. Sebelumnya, belanja pegawai yang dianggarkan Rp1,11 triliun kini naik menjadi Rp1,18 triliun atau naik Rp70 miliar. Belanja tidak langsung untuk pos belanja bantuan keuangan bagi pemerintah desa juga mengalami kenaikan cukup signifikan dari Rp83 miliar menjadi Rp130 miliar atau naik Rp46,9 miliar.

Sementara itu, alokasi belanja langsung yang sebelumnya dianggarkan Rp376,9 miliar, kini naik menjadi Rp439,7 miliar atau naik Rp62, 7 miliar. Kenaikan anggaran belanja langsung tersebut salah satunya berada di pos anggaran untuk program Jaminan Kesehatan Daerah (Jamkesda).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya