SOLOPOS.COM - Pemadaman api yang membakar gudang pabrik PT Tyfountex Indonesia, Kartasura, Sukoharjo, Jumat (11/3/2022). (Istimewa-Damkar Sukoharjo)

Solopos.com, SUKOHARJO —  Gudang pabrik tekstil PT Tyfountex Indonesia di Jalan Slamet Riyadi, Desa Gumpang, Kecamatam Kartasura, Kabupaten Sukoharjo terbakar, Jumat (11/3/2022) siang. Sejauh ini, penyebab kebakaran tersebut belum bisa dipastikan.

Kabid Damkar Satpol PP Sukoharjo, Margono, saat dihubungi Solopos.com menjelaskan kronologi kebakaran gudang Tyfountex itu. Menurutnya, tidak ada korban jiwa akibat kebakaran tersebut. Sedangkan terkait nilai kerugian dan penyebab kebakaran menurutnya sedang dalam penyidikan.

Promosi Pegadaian Buka Lowongan Pekerjaan Khusus IT, Cek Kualifikasinya

Margono menjelaskan sekitar pukul 13.00 WIB, pihak manajemen Pt Tyfountex menghubungi Damkar Sukoharjo untuk melaporkan ada kebakaran di gudang dokumen berisi kertas-kertas. Dia menjelaskan manajemen menjelaskan api tidak besar tetapi asapnya pekat. Langkah pertama Damkar setelah mendapatkan laporan itu, lanjut dia, yakni mengirimkan dua mobil damkar dibantu Damkar Boyolali, Solo, dan Karanganyar.

Baca juga: Gudang Pabrik Tyfountex di Kartasura Sukoharjo Terbakar

“Kalau menurut cerita dari pihak manajemen api dari tumpukan kertas, kita belum bisa memastikan muasal apinya, api dipastikan [saat ini] sudah benar-benar padam, sudah di cek dari pihak manajemen juga tidak ada asap lagi sudah landai, sekitar satu jam bisa dikuasai [apinya],” kata Margono.

Menurut Margono, kawasan Tyfountex saat ini terbagi menjadi dua yakni PT Young Tree dan PT Tyfountex itu sendiri. Di PT Young Tree terlihat masih ada aktivitas pekerja pabrik sedangkan di wilayah PT Tyfountex, utamanya gudang tidak ada, sehingga minim pantauan. Hal ini pula yang membuat tidak adanya korban jiwa.

Lebih lanjut, Margono menambahkan jika penanganan pertama sangat membantu mempercepat pemadaman api. Ketika Damkar Sukoharjo dihubungi pihak manajemenj Tyfountex, api sudah dipadamkan dari damkar pabrik dan bagian keamanan.

Baca juga: Bisnis Kain & Baju Mojolaban Sukoharjo Moncer Kala Pandemi, Ini Kiatnya

“Tadi tim pemadam dari PT. Tyfountex sudah bergerak duluan, jadi sangat membantu sekali, karena air juga nyala, personel juga ada, jadi bisa terkondisi, kebakaran hanya diujung gudang dan tidak besar,” jelasnya.

Berdasarkan rilis yang diterima Solopos.com, HRD PT Tyfountex, Ima Yuni Kurnia Asmara, membenarkan kejadian kebakaran siang tadi. Ketika asap mengepul pihaknya langsung berkoordinasi dengan Bidang keamanan dan Damkar (pemadam kebakaran).

“Terjadi kepulan asap pada pukul 12.45 WIB kami langsung menghubungi security dan pemadam pabrik untuk cektTKP, setelah itu langsung menghubungi tim pemadam kebakaran setempat,” katanya.

Baca juga: Jalur Lingkar Timur-Selatan Solo bakal Lewati 17 Desa di Sukoharjo

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya