SOLOPOS.COM - Ilustrasi helikopter melakukan water bombing. (heliaust.com.au)

Solopos.com, SEMARANG – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jawa Tengah (Jateng), telah meminta bantuan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) untuk mengerahkan helikopter water bombing untuk memadamkan api di TPA Putri Cempo, Kota Solo. Rencana helikopter water bombing itu akan dikerahkan Selasa (19/9/2023) untuk memadamkan kebakaran di TPA Putri Cempo Solo.

Kepala Bidang Penanganan Darurat BPBD Jateng, Muhamad Chomsul, mengaku telah berkoordinasi dan melengkapi persyaratan administrasi untuk meminta bantuan helikopter water bombing. Dengan demikian, proses pemadaman api akan dilakukan dengan penyiraman air dari atas layaknya di Gunung Bromo.

Promosi Selamat! Direktur Utama Pegadaian Raih Penghargaan Best 50 CEO 2024

“Pemerintah Provinsi [Jateng] sudah buatkan surat dukungan dan penguatan kabupaten/kota. Sebenarnya rencana hari ini, [helikopter] bergeser dari Jatim [Gunung Bromo] ke Solo. Namun, update terakhir belum. Baru besok [Selasa]. Kemungkinan pagi sudah sampai,” ujar Chomsul saat meninjau kebakaran di TPA Jatibarang, Semarang, Senin (18/9/2023).

BPBD Jateng menambahkan, terkait pengambilan air untuk keperluan pemadaman lewat udara, BPBD Solo telah menyiapkan skemanya. Sementara saat ini, tim pemadam dan relawan setempat masih bersiaga di lokasi kejadian untuk meminimalisir membesarnya atau memjalarnya api.

“Teman-teman sudah mengatur titiknya [air]. Tinggal operasi [pemadaman]. Dan saat ini memang masih ada sisa api yang belum padam,” imbuhnya.

Diberitakan sebelummya, Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka, menjelaskan belum ada laporan warga sakit infeksi saluran pernapasan akut di Kota Solo. Sekolah terdekat dari TPA Putri Cempo di Kota Solo juga tidak ada yang terdampak kebakaran.

“Sejauh ini Mojosongo masih aman soalnya angin arahnya ke Karanganyar. Mohon maaf kalau tak nyaman. Water bombing otomatis insyaallah bisa langsung selesai, kami kejar ya biar besok,” ungkap Gibran.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya