SOLOPOS.COM - Tim relawan berusaha memadamkan api yang membakar hutan lindung di Gunung Lawu di wilayah Desa Gondosuli, Tawangmangu, Karanganyar, Rabu (30/8/2023). (Istimewa).

Solopos.com, KARANGANYAR – Hutan lindung di Gunung Lawu di wilayah Desa Gondosuli, Tawangmangu, masih terbakar hingga Rabu (30/8/2023) malam pukul 20.30 WIB. Luasan lahan hutan lindung milik Perhutani yang terbakar ini mencapai sembilan hektare (ha).

Proses pemadaman telah dihentikan sejak pukul 19.15 WIB. Seluruh personel gabungan ditarik mundur dikarenakan situasi yang tidak kondusif. Kapolsek Tawangmangu AKP Sutarno mengatakan kebakaran lahan hutan Gunung Lawu belum bisa dipadamkan.

Promosi Selamat! Direktur Utama Pegadaian Raih Penghargaan Best 50 CEO 2024

Pemadaman api hanya dilakukan dengan cara manual. “Kami gunakan ranting lalu api dipukul-pukul. Lalu kita buat sekat agar tidak meluas titik apinya,” kata dia dijumpai Solopos.com di lokasi.

Sutarno mengatakan proses pemadaman akan dilanjutkan pada Kamis (31/8/2023) pagi. Tim gabungan dari kepolisian, TNI, BPBD, dan sukarelawan berbagai organisasi akan bergerak melakukan pemadaman mulai pukul 06.00 WIB. Saat ini pemadaman dihentikan karena situasi yang tidak kondusif.

“Kondisinya sudah sangat gelap. Tidak memungkinkan untuk dilanjutkan pemadaman, jadi dilanjutkan besok pagi,” katanya. Sejauh ini belum diketahui penyebab kebakaran hutan Gunung Lawu tersebut. Total luas lahan yang terbakar mencapai 9 ha.

Asper BKPH Lawu Utara, Sartono, mengatakan kebakaran melanda hutan Gunung Lawu terakhir pada 2019 lalu. Di tahun ini, kebakaran hutan terjadi lagi yang terdeteksi di petak 42-1 RPH Tlogodringo BKPH Lawu Utara yang masuk wilayah administratif Desa Gondosuli. “Lahan yang terbakar itu kawasan hutan lindung. Luas yang terbakar 9 hektare,” katanya.

Berdasarkan laporan yang diterimanya, lokasi kebakaran masuk wilayah pangkuan LMDH Dono Lestari. Seorang anggota LMDH Dono Lestari, Nuryono menyaksikan api berkobar di hutan saat dirinya melintas. Waktu kebakaran dilaporkan pukul 13.15 WIB. Kemudian melaporkannya ke KRPH RPH Tlogodringo. Api membakar rumput dan pepohonan rimba jenis accasia decuren.

Sartono mengatakan nilai kerugian belum dapat ditaksir. Tim yang dilibatkan untuk memadamkan kebakaran hutan dari BKPH Lawu Utara, KSKPH Surakarta, Polsek Tawangmangu, LMDH Dono Lestari, MPA Singo Lawu, Babinsa dan masyarakat sekitar hutan. “Ada 100 personil lah yang terlibat dalam pemadaman api ini,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya