SOLOPOS.COM - Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka. (Solopos.com/Wahyu Prakoso)

Solopos.com, SOLO–Indonesia mendapatkan komitmen investasi dari berbagai perusahaan raksasa teknologi. Sebagian nilai investasi diarahkan ke Kota Solo. Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka menyebut semua pemangku kepentingan punya peran menarik investor.

Gibran menjelaskan telah bertemu dengan Mantan Perdana Menteri Inggris Tony Blair di Jakarta akhir pekan lalu. Gibran mengantarkan Tony ke bandar udara setelah Tony bertemu dengan Presiden terpilih pada Pilpres 2024, Prabowo Subianto.

Promosi Beli Emas Bonus Mobil, Pegadaian Serahkan Reward Mobil Brio untuk Nasabah Loyal

“Sekarang semua orang membicarakan AI [teknologi kecerdasan buatan atau artificial intelligence]. Saya menyampaikan kepada beliau di Solo akan ada investasi AI. Dan beliau sangat senang [mendengarnya]. Beliau dalam satu tahun bisa tiga sampai empat kali ke Indonesia, bukan cuma Jakarta,” jelas Gibran di Balai Kota Solo, Senin (22/4/2024).

Menurut Gibran, Tony memiliki Tony Blair Institute for Global Change dengan anggota tim sejumlah anak muda. Mereka terkenal dengan AI. Tony kemungkinan besar kembali ke Indonesia untuk menindaklanjuti pembicaraan dengan Gibran

Gibran menjelaskan perusahaan raksasa teknologi yang bakal berinvestasi di Kota Solo, antara lain Indosat, Nvidia, dan Apple. Kota Solo ramah investasi dan memiliki sumber daya manusia (SDM) mumpuni, dan terjangkau.

Gibran menolak investor tertarik dengan Kota Solo bukan karena efek dirinya, namun para pemangku kepentingan turut berperan. Organisasi perangkat daerah (OPD) Kota Solo bekerja keras.

“Ini kerja keras semua dinas dan warga. Bukan hanya investasi namun pariwisata dan lain-lain. Kalau gak ada dukungan warga, keramahan warga, keterbukaan warga, masalah toleransi, gak mungkin bisa sampai di titik ini,” jelas dia.

Menurut Gibran, Kota Solo masih banyak kekurangan. Namun Pemkot Solo akan terus memperbaiki kekurangan. Adapun CEO Apple Tim Cook berencana menanamkan investasinya di Bali dan Solo untuk membangun proyek Al Center.

Sebelumnya, PT Indosat Tbk. berkomitmen berinvestasi senilai US$200 juta dolar untuk membangun Indonesian Al Nation di Solo.

Terpisah, Kepala Badan Riset dan Inovasi Daerah Kota Solo Agung Riyadi menjelaskan adanya sejumlah komitmen investasi AI ke Kota Solo merupakan lompatan bagi Kota Bengawan. AI merupakan hal baru.

“Kota Solo akan jadi magnet untuk semua, ini hal baru, seluruh pelaku digital berhubungan AI akan dipusatkan di Solo. Tentunya menjadi ketertarikan anak-anak muda yang berhubungan dengan AI, Internet of Things/IoT, dan Cloud,” papar dia.

Menurut dia, ada lebih dari Rp200 miliar investasi yang masuk ke Solo Technopark pada 2023. Catatan Solopos.com, Solo technopark berhasil menarik dana investasi sekitar Rp137 miliar pada 2021 dari 23 mitra.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya