SOLOPOS.COM - Siswa dari SMK Marsudirini Solo berjalan memamerkan busana kebaya saat mengikuti Performing Art pada Solo Car Free Day di Jl. Slamet Riyadi Solo, Minggu (21/4/2024). (Solopos/Joseph Howi Widodo)

Solopos.com, SOLO– Solo Car Free Day atau CFD kembali bergeliat setelah sepi saat Ramadan dan diliburkan dua pekan untuk arus mudik Lebaran 2024, Minggu (21/4/2024).

Pedagang kaki lima serta komunitas kembali beraktivitas sehingga mengundang keramaian warga. Seperti SMK Marsudirini Marganingsih Solo yang menggelar Kartinian di simpang Pasar Pon/Ngarsapura Solo.

Promosi Selamat! Direktur Utama Pegadaian Raih Penghargaan Best 50 CEO 2024

Siswa SMK Marsudirini Solo tampil mengenakan jarit, kebaya, dan pakaian adat Jawa. Mereka menampilkan performing arts berupa tarian hingga seni lukis. Mereka melukis Raden Ajeng Kartini Djojo Adhiningrat.

Kepala SMK Marsudirini Marganingsih Solo, Yustinus Tri Sabawa Hadi, mengatakan sekolahnya memperingati Hari Kartini. Sekolah mengajarkan para murid dengan meneladani Kartini. Memaknai emansipasi wanita dan kesetaraan gender.

“Kami menampilkan tarian dari Aceh sampai Indonesia timur. Kami menanamkan budaya kebhinekaan sehingga tidak memandang perbedaan sebagai masalah namun menyatukan kami, semangat toleransi ditanamkan,” jelas dia.

Menurut dia, para murid yang terlibat merupakan kelas X dan kelas XI. SMK Marsudirini Marganingsih Solo memiliki tiga jurusan, yakni tata boga, tata busana, desain komunikasi visual.

Yustinus menjelaskan penyelenggaraan Solo CFD semakin baik. Dia berharap Pemkot Solo menambah muatan lokal berupa kegiatan budaya yang berlangsung rutin di jalur CFD.

“Ada spot semacam galeri seni dan melibatkan lembaga dan elemen masyarakat. Mereka diminta mengisi bergantian,” papar dia.

Warga yang beraktivitas di simpang Pasar Pon sekaligus Presiden Republik Aeng-aeng, Mayor Haristanto menjelaskan CFD hari ini belum seramai sebelum Ramadan dan diliburkan dua pekan untuk mudik Lebaran.

“Sebenarnya banyak pemudik yang rindu CFD. Sekarang pemudik sudah kembali ke perantauan,” ujar dia. Menurut dia, Solo CFD selalu diliburkan saat libur Lebaran. Dia berharap CFD diagendakan pada libur Lebaran.

Staf Bidang Lalu Lintas Dinas Perhubungan Kota Solo, Hendra Eko Saputra, mengatakan kawasan yang paling ramai Minggu pagi di kawasan Sriwedari dan Ngapeman. Kuliner dan berbagai kegiatan komunitas meramaikan Solo CFD.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya