SOLOPOS.COM - Warga berkerumun menonton atraksi barongsai pada malam pertama Grebeg Sudiro 2023 di depan Kelenteng Tien Kok Sie Pasar Gede Solo, Selasa (10/1/2023) malam. (Solopos/Wahyu Prakoso)

Solopos.com, SOLO — Penampilan barongsai di depan Kelenteng Tien Kok Sie kawasan Pasar Gede Solo menjadi atraksi paling menarik bagi pengunjung Grebeg Sudiro 2023 pada malam pertama, Selasa (10/1/2023).

Berdasarkan pantauan Solopos.com sekitar pukul 20.10 WIB, para pengunjung sekitar Pasar Gede Solo serta di jembatan Jl Jenderal Urip Sumoharjo langsung mendekat begitu mendengarkan suara tambur dan timbal dibunyikan tanda pertunjukan dimulai.

Promosi Beli Emas Bonus Mobil, Pegadaian Serahkan Reward Mobil Brio untuk Nasabah Loyal

Mereka berkerumun melingkar menyaksikan atraksi barongsai warna kuning dan merah jambu. Para pengunjung tampak antusias. Beberapa dari mereka mengabadikan momen tersebut. Sejumlah anak kecil digendong di pundak oleh bapaknya agar bisa melihat lebih jelas.

Grebeg Sudiro Solo 2023 berbeda dibanding kegiatan tahun-tahun sebelumnya. Pemkot Solo memberlakukan Car Free Night (CFN) mulai pukul 19.00 WIB sampai 23.00 WIB setiap malam selama 21 hari pada 10-30 Januari 2023.

Warga Sukoharjo, Slamet, 35, datang  bersama istrinya, Anisah, dan  buah hati mereka Ilham, 3. Dia mengaku merasa lebih aman mengajak anak-anak nonton acara Grebeg Sudiro tahun ini.

“Tidak ada kendaraan yang melintas jadi lebih aman membawa anak-anak. Kalau dulu was-was ada sepeda motor, takut keserempet,” paparnya.

Pengunjung lainnya, Rahmawati, 24, yang datang bersama sahabatnya, Mila, 23, dari Kecamatan Jumapolo, Kabupaten Karanganyar, pukul 19.30 WIB, juga menyampaikan hal senada.

Mereka duduk menikmati lampion sambil menikmati kuliner. Rahmawati pernah berkunjung ke kawasan Pasar Gede Solo saat Grebeg Sudiro tahun 2018. “Tidak ada kendaraan yang melintas lebih nyaman. Saya parkir tidak jauh dari sini,” ujarnya.

Menurut Rahmawati, lampion khas Tionghoa merupakan atraksi paling menarik pada Grebeg Sudiro Solo tahun ini. Seperti diketahui, rangkaian acara Grebeg Sudiro dibuka pada Selasa malam. Tidak ada seremonial pembukaan dari panitia.

Ada bazar potensi UMKM yang diikuti 300 pedagang. Kemudian perahu hias di Kali Pepe belakang Kantor BRI Solo. Berbagai acara menarik juga sudah disiapkan oleh panitia hingga 30 Januari mendatang.

Salah satunya atraksi pesta kembang api selama 20-30 menit pada Malam Tahun Baru Imlek, Sabtu (21/1/2023). Pesta kembang api ini digelar oleh panitia bersama Imlek 2023 Solo.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya