SOLOPOS.COM - Kepadatan arus lalu lintas di ruas jalan raya Solo-Jogja wilayah Desa Tegalgondo, Kecamatan Wonosari, Klaten, Senin (24/4/2023) sekitar pukul 14.00 WIB. (Solopos/Taufiq Sidik Prakoso)

Solopos.com, KLATEN — Arus lalu lintas atau lalin di sejumlah ruas jalan Klaten, termasuk jalan raya Solo-Jogja, diprediksi masih padat pada H+3 Lebaran, Selasa (25/4/2023).

Kepadatan arus lalu lintas terjadi akibat arus balik dan masyarakat yang diperkirakan masih memadati puluhan objek wisata di kabupaten tersebut.

Promosi Selamat! Direktur Utama Pegadaian Raih Penghargaan Best 50 CEO 2024

Kanit Keamanan dan Keselamatan (Kamsel) Satlantas Polres Klaten, Ipda Rosyid Budiyanto, menyampaikan prediksi tersebut saat diwawancarai Solopos.com, Minggu (23/4/2023).

Menurutnya, keramaian lalin di Klaten dimungkinkan masih terjadi pada H+3 Lebaran, Selasa, baik kendaraan arus balik Lebaran di jalan Solo-Jogja maupun kunjungan ke berbagai objek wisata di Klaten.

Kepadatan arus lalu lintas itu sudah terjadi sejak Minggu. Kendaraan yang mengarah ke objek wisata air seperti Umbul Ponggok dan lain-lain memadati jalan raya Pakis-Tegalgondo, Minggu siang.

Terjadi kemacetan dari kedua arah yang diisi sebagian besar oleh mobil-mobil dengan pelat nomor luar daerah Soloraya. Namun, Ipda Rosyid memastikan kepadatan arus lalu lintas itu masih bisa dikendalikan sehingga mengalir lancar.

Rosyid mengatakan pengaturan lalin di jalan menuju wisata air di Polanharjo, Klaten, itu harus dilakukan agar arus lalu lintas di jalan Solo-Jogja tidak semakin macet. Untuk itulah, Satlantas menutup bukaan media jalan yang menjadi jalur penyeberangan menuju jalan Pakis-Tegalgondo.

Para wisatawan diarahkan untuk putar balik di lampu merah Pakis agar tidak menghalangi arus kendaraan di jalan Solo-Jogja. Terlebih, jalan Pakis-Tegalgondo juga berdekatan dengan exit tol fungsional Solo-Jogja di Sidoharjo, Kecamatan Polanharjo, Klaten.

Pada Minggu siang sekitar 14.00 WIB, exit tol fungsional Sidoharjo, Polanharjo, dibuka karena terjadi kepadatan di jalur tol fungsional Kartasura dan Sanggung.

“Pengendara diarahkan ke exit tol fungsional Sidoharjo, Kecamatan Polanharjo, ini,” kata Kapolsek Polanharjo, AKP Nurwadi, saat ditemui Solopos.com di exit tol fungsional Sidoharjo, Minggu.

Seperti diketahui, tol Solo-Jogja dibuka secara fungsional sepanjang 6,1 km dari Kartasura sampai Sawit, Boyolali, dan bisa diperpanjang sampai Polanharjo, Klaten, saat terjadi kepadatan arus lalin saat Lebaran. Tol fungsional hanya dibuka satu arah.

Untuk arus mudik Lebaran, tol fungsional dibuka mulai Sabtu (15/4/2023) sampai Senin (24/4/2023) dari arah pintu tol Colomadu menuju Sawit, Boyolali.

Sedangkan saat arus balik Lebaran, tol fungsional dibuka dari arah sebaliknya, yakni dari Sawit, Boyolali, menuju pintu tol Colomadu mulai Selasa (25/4/2023) sampai Senin (1/5/2023).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya