SOLOPOS.COM - Penumpang menunggu kedatangan bus di Terminal Ir Soekarno Klaten saat arus balik Lebaran, Selasa (25/4/2023). (Solopos/Taufiq Sidik Prakoso)

Solopos.com, KLATEN — Arus balik Lebaran 2023 di Terminal Bus Ir Soekarno, Klaten, memuncak pada Selasa (25/4/2023). Dalam sehari ini diperkirakan jumlah penumpang berangkat dari terminal itu mencapai 1.000 orang.

Makin banyaknya penumpang di terminal itu seiring berakhirnya cuti bersama Lebaran. Para perantau yang mudik sebelum Lebaran kini mulai meninggalkan Klaten.

Promosi Lebaran Zaman Now, Saatnya Bagi-bagi THR Emas dari Pegadaian

Berdasarkan data yang dihimpun Solopos.com dari pengelola Terminal Ir Soekarno, jumlah penumpang yang diberangkatkan dari terminal menunjukkan tren peningkatan sejak Sabtu (22/4/2023). Pada Sabtu, ada 354 penumpang berangkat naik bus dari terminal tersebut.

Jumlah itu meningkat pada Minggu (23/4/2023) menjadi 502 penumpang dan Senin (24/4/2023) tercatat ada 921 penumpang berangkat. Pengelola IT Terminal Ir Soekarno Klaten, Saryana, mengatakan puncak arus balik Lebaran diprediksi terjadi pada Selasa (25/4/2023).

Hal itu karena bersamaan dengan berakhirnya cuti bersama Lebaran. “Kalau diperkirakan ada sekitar 1.000 penumpang yang akan naik dari terminal pada hari ini,” kata Saryana saat berbincang dengan Solopos.com, Selasa.

Selain pada Selasa ini, puncak arus balik di terminal dimungkinkan masih terjadi pada akhir pekan ini atau Sabtu-Minggu (29-30/4/2023). “Mengacu pada pengalaman arus balik tahun lalu, puncak arus balik itu ada 1.800 penumpang per hari yang berangkat dari terminal. Kemungkinan tahun ini saat puncak bisa mencapai jumlah itu,” kata Saryana.

Salah satu penumpang yang menunggu keberangkatan bus di Terminal Ir Soekarno Klaten, Gustav, 31, mengatakan sudah empat hari mudik ke Klaten. Lantaran hari libur sudah berakhir, Gustav balik lagi ke Tangerang.

“Alhamdulillah senang bisa berkumpul lagi dengan keluarga setelah setahun merantau,” kata Gustav yang mudik ke Desa Karanglo, Kecamatan Klaten Selatan.

Soal tiket untuk arus balik, Gustav mengatakan jauh hari sebelumnya sudah membeli tiket untuk balik. Harga tiket balik ke Tangerang Rp500.000. Gustav menilai tarif itu masih wajar lantaran bersamaan momen Lebaran.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya