SOLOPOS.COM - Kondisi arus lalu lintas di Jalan Solo-Sukoharjo padat merayap pada H+4 Lebaran, Minggu (14/4/2024). (Solopos.com/Bony Eko Wicaksono)

Solopos.com, SUKOHARJO — Kondisi arus lalu lintas di jalan Solo-Sukoharjo mulai dari jembatan perbatasan Sukoharjo-Wonogiri-Pasar Jamu Nguter padat merayap pada H+4 Lebaran, Minggu (14/4/2024). Jalan Solo-Sukoharjo menjadi jalur utama arus balik pemudik dari Wonogiri maupun Pacitan dan Ponorogo, Jawa Timur.

Pantauan Solopos.com, arus lalu lintas dari sisi selatan atau arah Wonogiri tampak merayap sepanjang lebih dari satu kilometer. Kendaraan didominasi mobil pribadi pemudik yang hendak kembali ke daerah peranatauan. Mobil pribadi itu berpelat luar Solo seperti B, D, F dan L. Tak hanya mobil pribadi, beberapa bus antarkota antarprovinsi (AKAP) jurusan Wonogiri-Jakarta juga merayap di jalur tersebut.

Promosi Lebaran Zaman Now, Saatnya Bagi-bagi THR Emas dari Pegadaian

Kondisi berbeda terlihat saat arus lalu lintas dari arah utara atau Sukoharjo yang cenderung lancar. Kendaraan dari arah Sukoharjo didominasi mobil dan sepeda motor.

Sementara hampir di setiap simpang tiga dan simpang empat, ada sukarelawan yang mengatur lalu lintas kendaraan. Mereka mengatur arus lalu lintas dari arah selatan agar tak terjadi penumpukan kendaraan.

“Sebenarnya, mulai kemarin sudah padat merayap. Arus lalu lintas dari arah jembatan Bengawan Solo bertemu dengan arus lalu lintas di simpang tiga ke arah Jembatan Nambangan, Selogiri,” kata seorang sukarelawan pengatur lalu lintas, Surip.

Menurutnya, kondisi arus lalu lintas hari ini lebih padat dibanding Sabtu (13/4/2024). Ia memprediksi kepadatan lalu lintas akan meningkat sore hingga malam nanti. “Biasanya pemudik memilih melakukan perjalanan jauh pada malam hari,” ujar dia.

Sementara itu, seorang pemudik asal Tangerang, Banten, Yoga, mengatakan hampir setiap Lebaran ia dan keluarganya mudik ke Baturetno, Wonogiri selama hampir sepekan. Dia kerap menggunakan mobil pribadi saat mudik ke kampung halaman.

Yoga kembali ke Tangerang pada Minggu pagi dan diprediksi tiba di rumah pada sore atau malam hari. “Lewat jalan tol jadi lebih cepat. Tapi kondisi saat ini tetap macet meski lewat jalan tol,” ujar dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya