SOLOPOS.COM - Kepadatan arus lalu lintas di ruas Tol Solo-Semarang, Sabtu (13/4/2024). (Solopos.com/Oriza Vilosa)

Solopos.com, SOLO — Arus lalu lintas di jalur tol Solo-Semarang padat merayap pada Sabtu (13/4/2024) petang. Kendaraan mulai berjalan lambat saat memasuki KM 486-400 ruas tol Solo-Semarang.

Berdasarkan pantauan jurnalis Solopos.com, Oriza Vilosa, di lapangan, antrean kendaraan mengular sekitar lebih dari 1 km setelah melewati rest area Banyudono di Boyolali, Jawa Tengah.

Promosi Pegadaian Resmikan Masjid Al Hikmah Pekanbaru Wujud Kepedulian Tempat Ibadah

“Masuk dari gerbang tol Gondangrejo, Karanganyar, arus lalu lintas menuju ke arah barat sudah ramai, tetapi masih cukup lancar. Kepadatan lalu lintas terpantau di KM 486-400 dengan antrean kendaraan sekitar 1 km,” katanya.

Sementara itu, dari arah barat menuju ke timur atau Semarang-Solo, arus lalu lintas pada H+3 Lebaran 2024 ini terpantau lengang.

Diberitakan sebelumnya, pemerintah menerapkan resmi menerapkan sistem one way atau satu arah di tol Trans Jawa mulai dari Gerbang Tol (GT) Kalikangkung Jawa Tengah menuju GT Cikampek Utama pada Sabtu (13/4/2024) pukul 15.00 WIB atau H+3 Lebaran guna melancarkan arus balik.

“Kami resmi menerapkan sistem one way,” kata Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Indonesia (Menko PMK) Muhadjir Effendy di Semarang, sebagaimana dilansir Antara.

Sementara itu Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan sistem one way sudah dapat dilaksanakan dan pihaknya sudah memantau dari Solo, Boyolali, Salatiga, hingga Banyumanik dan memang pergerakan kendaraan tinggi.

“Kami apresiasi seluruh petugas yang terlibat dalam menyukseskan arus mudik ini,” kata dia.

Ia meminta agar pemudik tidak parkir di bahu jalan yang dapat menyebabkan terjadinya kecelakaan.

“Apabila letih maka silahkan beristirahat agar fokus membawa kendaraan,” kata dia.

Kakorlantas Polri Irjen Pol.Aan Suhanan mengatakan penerapan sistem one way ini dilakukan pukul 15.00 WIB dari GT Kalikangkung KM 414 hingga GT Cikampek Utama KM 72.

“Selanjutnya nanti akan disambut dengan sistem contraflow (mengambil sebagian jalur dari arah berlawanan) dan kami mengajak pemudik berhati-hati dalam melakukan arus balik,” kata dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya