SOLOPOS.COM - Ilustrasi pelayanan kesehatan. (Freepik)

Solopos.com, SRAGEN — Sebanyak 420 petugas kesehatan diterjunkan dalam pelayanan arus mudik Lebaran 2023. Semua fasilitas kesehatan di Sragen siaga 24 jam selama arus mudik dan arus balik Lebaran.

Fasilitas kesehatan itu, seperti puskesmas, PSC 119 Sukowati, hingga Dinas Kesehatan (Dinkes). Otomatis, para petugasnya tidak libur saat para apartur sipil negara (ASN) lainnya cuti Lebaran.

Promosi Beli Emas Bonus Mobil, Pegadaian Serahkan Reward Mobil Brio untuk Nasabah Loyal

Penjelasan itu diungkapkan Kabid Pelayanan Kesehatan Dinkes Sragen, dr. Nengah Adnyana Oka Manuaba, kepada Solopos.com, Jumat (14/4/2023). Oka, sapaan akrabnya, menyampaikan pelayanan di 25 puskesmas dilakukan selama 24 jam selama masa cuti Lebaran. Dia menerangkan jadwal petugas sudah disusun dan setiap puskemas ada petugas piket siaga.

“Semua dokter pasti siaga juga tetapi dengan jumlah dokter rata-rata per puskesmas 2-3 orang apa mungkin setiap saat dokter standby. Yang jelas dipastikan semua dokter siap menerima konsultasi meskipun tidak sedang standby. Demikian pula dengan perawat atau bidan jaga juga pasti siap 24 jam,” jelas Oka.

Dia menerangkan selain puskesmas ada PSC 119 Sukowati, 12 rumah sakit baik negeri maupun swasta, 67 klinik pratama, dan empat klinik utama juga siaga 24 jam. Dengan banyaknya fasilitas layanan kesehatan untuk mudik Lebaran itu maka Dinkes menerjunkan 420 pertugas yang siap pelayanan di pos kesehatan.

Dia menyebut setiap hari pelayanan di lima pos kesehatan dan setiap pos terdiri atas enam orang petugas.

“Jadi setiap hari itu ada 30 orang yang bertugas. Kalau pelayanannya 14 hari maka ada 420 orang yang bertugas karena setiap hari beda orang,” ujarnya.

Dia melanjutkan setiap hari ada dua sif dengan rincian satu sif ada satu sopir dan dua tenaga kesehatan (nakes). Di Unit Gawat Darurat (UGD) puskesmas ada tiga sif petugas UGD dan persalinan yang terdiri atas dokter, perawat, bidan, dan tenaga kesehatan lainnya.

“Jadi puskesmas itu dapat tugas di pos kesehatan dua sif dan di UGD puskesmas tiga sif selama 24 jam. Konsekuensinya, puskesmas harus membagi tenaga saat cuti Lebaran,” katanya.

Sementara Tim Dinkes bersama instansi lainnya melakukan pemeriksaan kesehatan awak bus antarkota antarprovinsi (AKAP) di Terminal Pilangsari pada Jumat pagi, mulai pukul 08.00 WIB. Selain itu, Dinkes juga merencanakan adanya pemantauan makanan dan minuman di pasar dan tempat penjualanan makanan.

“Ya, pemeriksaan kesehatan awak bus di terminal dilakukan hari ini [Jumat],” kata Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinkes Sragen dr. Sri Subekti.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya