SOLOPOS.COM - Kendaraan beriringan dari arah Semarang menuju Bundaran Kartasura, Sukoharjo, Sabtu (30/4/2022). (Solopos/Magdalena Naviriana Putri)

Solopos.com, SUKOHARJO — Jumlah kendaraan bermotor yang lintasi Bundaran Kartasura dan simpang empat Bulakrejo menuju Kota Sukoharjo tercatat meningkat lebih dari 70 persen menjelang Lebaran 2022. Dinas Perhubungan (Dishub) Sukoharjo mencatat lonjakan volume kendaraan itu terutama pada Jumat (29/4/2022).

“Jumlah kendaraan yang masuk dari arah Semarang ke Sukoharjo ada 58.764 kendaraan, dengan peningkatan 73.47% dari lalu lintas normal. Lalu lintas terpadat berlangsung pukul 06.45 WIB-07.45 WIB,” jelas Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Sukoharjo, Toni Sri Buntoro, saat dihubungi Solopos.com, Sabtu (30/4/2022).

Promosi Lebaran Zaman Now, Saatnya Bagi-bagi THR Emas dari Pegadaian

Sementara itu, pada hari biasa, jumlah kendaraan bermotor yang melewati Bundaran Kartasura sebanyak 33.987 unit. Jumlah kendaraan yang masuk dari arah Solo ke Sukoharjo sejumlah 42.205 kendaraan, dengan kenaikan 20.36% dari lalu lintas normal.

Lalu lintas terpadat terjadi pukul 15.30 WIB-16.30 WIB. Toni juga menyebut ada lima lokasi rawan kemacetan dengan meningkatnya volumen kendaraan yang lintasi Sukoharjo.

Lokasi itu yakni Simpang Tugu Kartasura, Simpang Kadilangu, Pasar Telukan, Pasar Sukoharjo, dan Pasar Nguter. Dalam upaya penanganan titik kemacetan Dishub telah melakukan penempatan petugas, penambahan rambu-rambu hingga pemecahan arus dan penertiban tempat parkir.

Baca Juga: Senangnya, Pemudik di Rest Area di Kartasura Sukoharjo Dapat Jamu

Kepadatan

Dalam pantauan Solopos.com di Tugu Kartasura, Sabtu, pada pukul 12.40 WIB terjadi kepadatan kendaraan dari Tugu Kartasura hingga SPBU Rosalia 4 (Jl Diponegoro, Wirogunan, Kartasura, Sukoharjo). Sementara pada arah Jogja menuju Tugu Kartasura mengalami kepadatan kendaraan pada simpang tiga PKU Muhammadiyah Kartasura.

Dimintai konfirmasi di sela-sela tugas pengamanan di Tugu Kartasura, Kasatlantas Polres Sukoharjo, AKP Heldan Pramoda Wardhana, mewakili Kapolres Sukoharjo, AKBP Wahyu Nugroho Setyawan, mengatakan ada peningkatan jumlah kendaraan lintasi Tugu Kartasura pada Sabtu.

Baca Juga: Jelang Lebaran, Dishub Sukoharjo Kerahkan Personel untuk Urai Kemacetan

“Kami laporkan siang hari ini, Sabtu [30/4/2022] terpantau ada peningkatan arus lalu lintas dari arah Colomadu menuju ke arah Klaten dan Jogja [melalui Tugu Kartasura]. Anggota saat ini melakukan pengaturan, pengalihan dan penarikan agar lancar tidak ada kemacetan,” jelasnya.

Dia menambahkan agar masyarakat senantiasa berhati-hati menjaga kesehatan, keselamatan, tertib berlalu lintas dan tetap taati protokol kesehatan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya